digiKam 7.9 Aplikasi Manajemen Foto Sumber Terbuka Dirilis dengan Berbagai Peningkatan

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim di belakang perangkat lunak manajemen foto sumber terbuka, gratis, dan lintas platform digiKam hari ini mengumumkan perilisan dan ketersediaan umum digiKam 7.9 sebagai pembaruan stabil terbaru yang membawa berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

digiKam 7.9 hadir sekitar tiga bulan setelah digiKam 7.8 dan ini adalah pembaruan pemeliharaan yang hanya membawa beberapa peningkatan pada fungsionalitas inti perangkat lunak. Misalnya, ini meningkatkan pengimporan koordinat dari metadata gambar dan meningkatkan kinerja pengelolaan album dari basis data jarak jauh.

Ini juga meningkatkan pengelolaan lokasi wajah dari metadata gambar, memperbaiki info masuk foto Google dan pengelolaan album jarak jauh, meningkatkan dukungan format tanggal ISO dari metadata gambar, meningkatkan pengimporan dan penggabungan tag dari metadata gambar, dan meningkatkan kompatibilitas mundur untuk migrasi skema database.

Komponen internal dari bundel AppImage untuk sistem GNU/Linux telah ditingkatkan dalam rilis ini ke Qt 5.15.7 LTS, KDE Frameworks 5.99 , Libraw 20221123, ExifTool 12.51, dan GMicQt 3.1.6. Komponen inti ini mencakup peningkatan stabilitas penting dan perbaikan bug. Juga diperbarui dalam rilis ini adalah internasionalisasi aplikasi.

Dengan rilis ini, para pengembang digiKam juga mengumumkan bahwa mereka sekarang menggunakan sistem operasi Ubuntu 18.04 LTS untuk mengkompilasi bundel AppImage untuk menyediakan pengguna dengan kompatibilitas biner mundur yang lebih baik dengan distribusi GNU/Linux saat ini.

digiKam 7.9 tersedia untuk diunduh sekarang dari situs web resmi. Sementara itu, para pengembang sedang bekerja keras pada rilis besar perangkat lunak berikutnya, digiKam 8.0, yang akan dipindahkan ke kerangka kerja Qt 6 terbaru. digiKam 8.0 akan tersedia untuk pengujian beta publik pada Natal ini, sedangkan rilis final diharapkan pada April 2023.

Sumber: Google, 9to5linux.com