Distro Linux antiX 21 Systemd-Free Dirilis, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Para pengembang distribusi antiX Linux hari ini mengumumkan rilis antiX 21, versi utama baru dari distro ringan berbasis Debian mereka tanpa systemd init system.

antiX 21 hadir lebih dari lima bulan setelah antiX 19.4 dan membawa basis baru yang segar dari repositori dari seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” terbaru dan terbaik.

Tentu saja, dalam tradisi distribusi Linux antiX dan MX, rilis baru tidak dikirimkan dengan sistem init systemd, atau perpustakaan libsystemd0 yang menyediakan antarmuka ke berbagai komponen systemd. Selain itu, antiX 21 dikirimkan dengan eudev alih-alih systemd-udev untuk kompatibilitas yang lebih baik dengan sistem init OpenRC. Tetapi jika Anda tidak menyukai OpenRC, antiX memiliki edisi khusus dengan sistem runit init juga.

antiX 21 memiliki dua versi kernel dalam edisi Lengkap, yaitu kernel Linux 4.9 yang didukung jangka panjang atau kernel Linux 5.10 LTS yang lebih baru, yang digunakan secara default. Pengguna akan dapat memilih antara dua versi kernel dari menu boot. Edisi lainnya menggunakan kernel Linux 4.9, disesuaikan dengan fbcondecor splash.

. Sorotan dari rilis ini termasuk aplikasi streamlight-antix untuk streaming video tanpa menggunakan terlalu banyak RAM, XMMS untuk pemutaran audio, CUPS untuk pencetakan, LibreOffice 7.0.4 office suite, Mozilla Firefox 78.14 ESR browser web, SeaMonkey 2.53.9.1 Internet suite, Claws Mail 3.17.8, Celluloid dan MPV untuk pemutaran video, SMtube untuk pemutaran video YouTube tanpa menggunakan browser web, dan Qpdfview untuk melihat dokumen PDF.

Anda dapat mengunduh antiX 21 dengan benar sekarang menggunakan tombol unduh langsung di bawah ini. Edisi Full dan Base hadir dengan empat window manager, termasuk IceWM sebagai default, Fluxbox, JWM, dan herbstluftwm, sedangkan edisi Core dan Net tidak menyertakan X11. Seperti yang diharapkan, sistem 64-bit dan 32-tetapi didukung penuh di semua edisi.
Download antiX 21

Sumber: Google, 9to5linux.com