Distro Parrot 5.1 Berorientasi Keamanan Tiba dengan AnonSurf 4, Kernel Linux 5.18, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Parrot Security hari ini merilis Parrot 5.1 sebagai rilis stabil terbaru dari distribusi peretasan etis dan pengujian penetrasi berbasis Debian yang membawa alat dan fitur baru yang diperbarui.

Parrot 5.1 hadir enam bulan setelah Parrot 5.0 dan didukung oleh kernel Linux 5.18, yang sayangnya, mencapai akhir hidup pada bulan Agustus. Namun, kernel baru hadir sebagai pembaruan signifikan dari kernel Linux 5.16 yang digunakan pada rilis sebelumnya, jadi Anda harus mengharapkan dukungan perangkat keras yang lebih baik.

Parrot 5.1 juga disertakan dengan alat anonimitas AnonSurf 4 bawaan yang menyediakan solusi bagi pengguna untuk secara otomatis rutekan semua lalu lintas sistem melalui jaringan Tor anonim. Versi baru menampilkan antarmuka pengguna baru dengan ikon baki sistem yang ditingkatkan dan jendela dialog pengaturan, sepenuhnya mendukung sistem Debian GNU/Linux tanpa pengaturan resolvconf lama, dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu, Parrot 5.1 menyertakan pembaruan ke berbagai alat berorientasi keamanan seperti Metasploit dan Exploit-DB, serta komponen utama seperti menu parrot, yang menambahkan peluncur tambahan untuk alat yang baru diimpor, dan parrot-core, yang memperkenalkan profil Firefox baru dengan pengerasan keamanan yang ditingkatkan.
“Kami Profil Firefox telah menerima pembaruan besar yang secara signifikan meningkatkan privasi dan keamanan secara keseluruhan, ”kata para pengembang. “Koleksi bookmark kami telah diubah, dan sekarang mencakup sumber daya baru, termasuk layanan OSINT, sumber pembelajaran baru, dan sumber daya berguna lainnya untuk peretas, pengembang, pelajar, dan peneliti keamanan.”
Parrot 5.1 juga membawa kabar baik bagi pengguna ARM karena ada kinerja yang signifikan perbaikan untuk berbagai papan Raspberry Pi dan dukungan Wi-Fi untuk komputer Raspberry Pi 400. Selain itu, pengguna ARM kini dapat menikmati pengalaman desktop MATE penuh dengan edisi Parrot Home dan Parrot Security.

Edisi Parrot Architect juga ditingkatkan, dan container Docker telah diperbarui. Lihat catatan rilis untuk detail lebih lanjut.

Anda dapat mengunduh Parrot 5.1 sekarang juga dari situs web resmi jika Anda ingin mencobanya di komputer pribadi Anda. Pengguna Parrot yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka dengan menjalankan perintah di bawah ini di terminal emulator.
sudo parrot-upgrade

Sumber: Google, 9to5linux.com