Distro Produksi Multimedia AV Linux MX-21 Ada Di Sini Berdasarkan MX Linux 21, Linux 5.15 LTS

  • Post author:
  • Post category:Linux


Para pengembang di balik distro produksi multimedia AV Linux hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum versi utama baru yang berasal dari rilis MX Linux terbaru, AV Linux MX-21.

Dijuluki “Kesadaran” dan berdasarkan MX Linux 21 AHS (Perangkat Keras Tingkat Lanjut Support) dan distribusi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”, AV Linux MX-21 hadir sekitar delapan bulan setelah rilis sebelumnya dengan skema penamaan baru untuk menyelaraskan dengan rilis MX Linux dan banyak perubahan lainnya.

AV Linux MX-21 dibangun dari awal dengan alat yang digunakan untuk membangun distribusi MX Linux. Ini didasarkan pada edisi AHS dari MX Linux 21, yang berarti bahwa ia dikirimkan dengan kernel Linux 5.15 LTS dan tumpukan grafis Mesa yang lebih baru untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik. Namun, karena perubahan ini, AV Linux tidak lagi mendukung sistem 32-bit.

Kernel Liquorix digunakan secara default dalam rilis ini, yang merupakan kernel berkinerja tinggi yang dikonfigurasi untuk streaming dan persyaratan latensi sangat rendah untuk produksi multimedia.
“ Versi baru ini telah sepenuhnya dibangun dari bawah ke atas dan merupakan versi pertama yang tidak menjadi ‘Respin’ dari sistem yang ada dan dibangun dengan alat yang sama yang digunakan untuk membangun MX dan antiX,” kata devs.
Talking tentang produksi multimedia, AV Linux MX-21 dikirimkan dengan paket MX Multimedia baru untuk memberi pengguna banyak alat hebat untuk produksi audio dan video, dukungan Yabridge baru untuk plugin Windows VST, bersama dengan antarmuka grafis YADbridge baru untuk Yabridge.

It juga menampilkan paket Plugin dan Font Kustom AVL-MXE yang diperluas, serta utilitas baru yang disebut BPM Converter untuk mengonversi ketukan per menit dari lagu apa pun. Alat AV Linux Assistant modular baru juga tersedia dalam rilis ini, berdasarkan YAD (Yet Another Dialog), dan Panduan Pengguna telah sangat ditingkatkan.

Karena rilis ini didasarkan pada MX Linux 21, ia hadir dengan yang terbaru dan terbaik Lingkungan desktop Xfce 4.16, yang telah disesuaikan dengan tema ikon Suru++ dan Papirus baru, tema datar Diehard Xfce4/Openbox baru, layar splash pertama yang dijalankan, wallpaper 4K baru, dan alat pembuat Wallpaper Gradien baru. Selain itu, penginstal Paket GDebi diganti dengan Thunar Custom Action.

Di antara perubahan penting lainnya, AV Linux MX-21 menambahkan dukungan untuk paket AppImage, tetapi menghentikan dukungan untuk repositori AV Linux RT Kernel dan semua repositori lain yang digunakan di rilis sebelumnya di luar MX Linux one.

Anda dapat mengunduh AV Linux MX-21 sekarang juga dari situs resminya. Pengguna AV Linux yang ada harus melakukan instalasi baru karena perpindahan dari Debian GNU/Linux 10 “Buster” ke Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”. Sementara itu, Anda dapat melihatnya beraksi di video di bawah ini!
Download AV Linux MX-21

Sumber: Google, 9to5linux.com