Distro SystemRescue 9.04 Berbasis Arch Linux Membawa Paket Baru, Peningkatan

  • Post author:
  • Post category:Linux


SystemRescue (sebelumnya dikenal sebagai SystemRescueCd) Toolkit penyelamatan sistem berbasis Linux Arch telah diperbarui hari ini ke versi 9.04, rilis yang membawa paket baru, peningkatan, dan perbaikan bug.

Masih didukung oleh seri kernel Linux 5.15 LTS yang didukung jangka panjang, yang mengimplementasikan modul NTFS3 baru untuk dukungan NTFS yang lebih baik, SystemRescue 9.04 hadir sebagai pembaruan pemeliharaan keempat untuk seri SystemRescue 9.00 untuk meningkatkan kernel ke Linux 5.15.58 dalam upaya menawarkan dukungan perangkat keras yang lebih baik.

SystemRescue 9.04 juga dilengkapi dengan beberapa paket baru untuk membuat tugas administrasi sistem Anda lebih mudah. Ini termasuk utilitas baris perintah rclone untuk mengelola file di penyimpanan cloud, kompresi data unrar, enkripsi dan alat pengarsipan, utilitas gambar disk qemu-img, serta binari alat multipath untuk menggerakkan driver multipathing Device Mapper.

Selanjutnya, yang baru Rilis SystemRescue meningkatkan skrip “mountall” dengan kemampuan untuk mendeteksi lebih banyak partisi, mengabaikan partisi swap, mendukung enkripsi LUKS, menambahkan opsi –readonly baru, dan untuk menggunakan kembali mountpoints kosong.

Proses boot ditingkatkan serta SystemRescue 9.04 sekarang memungkinkan Anda mengatur opsi boot “cow_label” dan “cow_directory” melalui file konfigurasi YAML, memperbaiki opsi boot “nomdlvm” untuk memungkinkan aktivasi perangkat MD/RAID dan LVM, mencegah penulisan disk, memperbaiki resolusi nama DNS selama fase boot initramfs, dan mempercepat proses booting dan memperbaiki penggunaan pacman dengan menggunakan database pacman trust yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Terakhir, SystemRescue 9.04 hadir dengan beberapa opsi baru untuk “sysconfig ” cakupan konfigurasi YAML, termasuk otor_keys, bookmark, dan zona waktu, memperbaiki konfigurasi saat tidak ada file YAML, seperti saat boot melalui PXE, dan menambahkan opsi konfigurasi “ca-trust” ke browser web Firefox.

Untuk lebih jelasnya , Anda dapat mempelajari changelog. Sementara itu, Anda dapat mengunduh SystemRescue 9.04 sekarang dari situs web resmi sebagai gambar ISO langsung untuk sistem 64-bit atau 32-bit. SystemRescue menggunakan lingkungan desktop Xfce yang ringan sebagai lingkungan grafis default.

Sumber: Google, 9to5linux.com