Driver Apple M1 NVMe Linux Keluar Untuk Ditinjau

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dikirim minggu lalu di tengah hari-hari jendela penggabungan Linux 5.18 yang sibuk adalah seri patch memasang driver Apple NVMe untuk digunakan dengan M1, M1 Pro, dan M1 Max SoCs.


Sven Peter mengirimkan set tambalan untuk driver Apple NVMe ini yang sekarang sedang ditinjau dan dalam perjalanan menuju pengarusutamaan dalam seri kernel masa depan. Seri patch berisi bit yang diperlukan untuk mendukung penyimpanan NVMe pada perangkat keras Apple M1 dengan kernel Linux.
Karena pengontrol NVMe pada Apple M1 Mac tidak terpasang ke bus PCIe dan berbagai kebiasaan yang diperlukan — termasuk perubahan mendasar pada penanganan pengiriman perintah — akhirnya berarti menulis driver Linux mandiri yang baru. Pengontrol NVMe Apple juga menjalankan RTOS (RTKit) berpemilik yang diperlukan antarmuka kernel Linux untuk memunculkan dukungan NVMe.

Mengenai status driver Apple NVMe Linux saat ini, “Driver itu sendiri telah berhasil digunakan oleh banyak orang sebagai driver harian mereka selama berminggu-minggu pada saat ini dan tidak ada masalah besar yang dilaporkan. Masalah yang lebih kecil adalah flushes pada perangkat mengambil jauh lebih lama dari yang diharapkan. Jens Axboe memiliki solusi di mana flush tertunda tetapi yang itu belum siap untuk diajukan.”

Untuk lebih jelasnya, lihat seri tambalan ini untuk driver open-source Apple NVMe awal ini untuk sistem Linux yang sudah dibawa oleh orang-orang seperti Asahi Linux.
Jika Anda melewatkannya, lihat benchmark Asahi Linux terbaru di Apple M1.

Itulah berita seputar Driver Apple M1 NVMe Linux Keluar Untuk Ditinjau, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.