Driver DRM GPU Apple M1 Linux Sekarang Menjalankan GNOME, Berbagai Aplikasi

  • Post author:
  • Post category:Linux

Baru kemarin pengembang driver open-source rekayasa balik Asahi Lina mendapatkan output tampilan yang berfungsi dan menjalankan Wayland`s Weston. Setelah seharian meretas driver Direct Rendering Manager (DRM) pertama yang ditulis Rust ini, desktop GNOME bahkan menjalankan driver grafis Apple M1 ini serta aplikasi seperti Firefox lengkap dengan YouTube.
Asahi Lina dengan proyek Asahi Linux berhasil dalam upaya driver Rust DRM pada Apple M1 SoC untuk menjalankan GNOME, Firefox dengan pemutaran video YouTube, game Neverball, berbagai aplikasi KDE, dan banyak lagi.
Di bawah ini adalah streaming YouTube dari Asahi Lina yang memamerkan kesuksesan pengemudi:

Ini adalah kemajuan besar terutama dengan driver yang ditulis dalam Rust — yang pertama dalam subsistem Direct Rendering Manager — dan banyak pekerjaan di sana dengan infrastruktur Rust dalam bentuk awal. Tidak akan sampai setidaknya Linux 6.2 sebelum driver ini dapat menjadi arus utama sementara kita akan melihat seberapa cepat ia mencoba untuk menjadi arus utama sebelum dapat berkomitmen pada antarmuka ruang pengguna yang stabil. Di ruang pengguna, driver AGX Gallium3D terus dikerjakan untuk dukungan OpenGL dengan harapan OpenGL 2.1 selesai pada akhir tahun. Jelas akan lebih lama sebelum melihat grafik Apple yang cocok untuk game modern dengan Vulkan, dll, tetapi kemajuan sedang dibuat di seluruh papan dalam dukungan Apple Silicon open-source yang direkayasa ulang di Linux.

Itulah berita seputar Driver DRM GPU Apple M1 Linux Sekarang Menjalankan GNOME, Berbagai Aplikasi, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.