Driver Grafis AMD Radeon Linux Mempersiapkan Kemampuan MPO PSR2 / PSR-SU

Untuk penghematan daya yang lebih baik dengan laptop bertenaga AMD baru/yang akan datang, minggu ini para insinyur AMD mengirimkan seri patch untuk fungsionalitas PSR2 / PSR-SU MPO untuk mengurangi konsumsi daya layar.
Dikirim pada hari Kamis adalah 17 patch yang menghubungkan dukungan PSR-SU MPO untuk kode tampilan AMDGPU DC.
PSR-SU MPO dalam konteks ini adalah singkatan dari Panel Self Refresh, Selective Updated, Multi-Plane Overlay. PSR-SU juga dipasarkan sebagai PSR2 untuk panel laptop eDP. PSR2/PSR-SU memungkinkan penghematan daya yang diperluas dibandingkan teknologi penghematan daya PSR asli. Alih-alih terbatas pada penghematan daya ketika tidak ada perubahan/kerusakan pada konten layar, teknologi yang disempurnakan ini memungkinkan untuk secara selektif memperbarui wilayah layar yang berubah.
Penanganan PSR “diperbarui secara selektif” jelas membutuhkan integrasi sistem operasi yang lebih ketat untuk mengomunikasikan wilayah yang rusak. Meskipun idealnya ini akan dikomunikasikan secara efektif oleh berbagai penyusun Wayland, itu tidak terjadi hari ini. Aspek overlay multi-bidang ini dirancang untuk mengatasi sebagian keterbatasan compositor saat ini dengan setidaknya membiarkan fungsi hemat daya ini bekerja untuk overlay multi-bidang dengan batas bidang digunakan untuk menentukan wilayah yang rusak. Kursor juga dilacak untuk posisi kursor lama/baru untuk area yang rusak.
Lihat seri tambalan ini untuk detail lebih lanjut tentang fungsionalitas PSR-SU MPO untuk penghematan daya yang lebih baik dengan perangkat keras tampilan eDP yang mumpuni pada laptop AMD. Insinyur open-source Intel telah mengerjakan dukungan penghematan daya PSR2 sejak beberapa tahun yang lalu.

Itulah berita seputar Driver Grafis AMD Radeon Linux Mempersiapkan Kemampuan MPO PSR2 / PSR-SU, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.