Driver Grafis Kernel Linux Open-Source NVIDIA Baru Muncul

Muncul dengan penurunan kode Linux4Tegra terbaru NVIDIA adalah driver grafis kernel open-source baru yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Driver ini tidak didasarkan pada driver Nouveau yang ada tetapi tampaknya berasal dari basis kode driver internal mereka dengan beberapa referensi hak cipta kembali ke tahun 90-an. Kemarin NVIDIA menerbitkan rilis Jetson L4T baru yang menyediakan sistem file root sampel terbaru berdasarkan Ubuntu 20.04 LTS dan menggunakan kernel Linux 5.10. Bersamaan dengan itu adalah sumber publik mereka yang digunakan untuk menghasilkan build.

Baru untuk penurunan kode ini adalah “nvidia_kernel_display_driver_source” dan “NVIDIA-kernel-module-source-TempVersion” yang tidak ditemukan di sumber L4T sebelumnya untuk paket dukungan papan.

Driver grafis/tampilan kernel NVIDIA ini dilisensikan di bawah lisensi MIT. Perlu dicatat bahwa ini tidak didasarkan pada sumber driver DRM/KMS open-source Nouveau yang ada dengan satu-satunya hit “Nouveau” dalam kode yang mengacu pada pesan kesalahan.

Ketika melihat kode hak cipta, kode NVIDIA pada beberapa file memiliki hak cipta yang tercatat sejak tahun 1993. Ada beberapa file dengan hak cipta yang berasal dari akhir 90-an dan awal 20-an yang lebih umum. Tampaknya driver kernel open-source ini sebagian diturunkan setidaknya dari driver kernel berpemilik mereka yang sudah lama ada. Driver kernel NVIDIA open-source dalam bentuk saat ini berjumlah sekitar 270 ribu baris kode dan 93,1 ribu baris komentar dan 60,5 ribu baris kosong yang mencakup sekitar 1.125 file sumber.

Sebelum terlalu bersemangat, setidaknya untuk saat ini driver kernel ini tampaknya terbatas pada dukungan perangkat keras grafis Tegra mereka. Mencoba memuat modul ini untuk grafis NVIDIA desktop saat ini menghasilkan kesalahan. Tetapi ketika melihat sumber driver, ada referensi ke banyak GPU desktop dan lainnya di luar konteks Tegra… Untuk saat ini tidak ada pengumuman resmi yang dibuat atau komunikasi dari NVIDIA seputar rencana mereka untuk driver kernel open-source baru ini. Kembali ke 2019 adalah tanda-tanda NVIDIA bekerja pada driver kernel GPU open-source baru jadi ini mungkin akhirnya akan terjadi. Akan sangat bagus jika mereka memang bekerja untuk memiliki driver kernel NVIDIA open-source yang akan berfungsi di seluruh jajaran perangkat keras yang didukung, mirip dengan bahkan Radeon Software untuk paket driver Linux dengan opsi driver OpenGL/Vulkan “PRO” miliknya yang masih menggunakan driver AMDGPU DRM/KMS open-source. Ini kemungkinan akan menjadi kasus di sisi NVIDIA juga bahwa bahkan jika memiliki driver kernel Linux open-source sepenuhnya, mereka kemungkinan akan tetap menggunakan komponen OpenGL/Vulkan/CUDA ruang pengguna berpemilik tetapi dengan opsi kemungkinan bekerja dengan driver Nouveau Mesa juga. Kita lihat saja, terima kasih kepada Longhorn karena menyebutkan pembaruan L4T baru. Rilis NVIDIA Jetson Linux baru dapat diunduh dari developer.nvidia.com.

Itulah berita seputar Driver Grafis Kernel Linux Open-Source NVIDIA Baru Muncul, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.