Driver Grafis Mesa 23.0 Bertujuan Untuk Rilis Minggu Depan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kecuali masalah pemblokiran rilis muncul di minggu depan, Mesa 23.0 bertujuan untuk rilis resminya sementara 23.0-rc3 sekarang tersedia untuk pengujian menit terakhir.
Manajer rilis Mesa 23.0 Dylan Baker telah mengelola rilis langka di depan jadwal dengan 23.0-rc4 dan bertujuan untuk mengeluarkan 23.0.0 minggu depan kecuali ada bug yang muncul yang menjamin pemblokiran tonggak rilis. Jadi jika semuanya berjalan dengan baik Mesa 23.0.0 akan keluar pada 1 Februari, perubahan kecepatan yang bagus dengan rilis sebelumnya dibandingkan dengan rilis triwulanan Mesa yang sering terseret ke bulan ketiga.
Dengan Mesa 23.0-rc3 ada berbagai perbaikan bug untuk driver Intel (ANV) dan Radeon (RADV), beberapa perbaikan Zink OpenGL-on-Vulkan, dan perbaikan acak lainnya. Namun, perubahan selama seminggu terakhir sejak 23.0-rc2 tidak berisi perbaikan yang terlalu menarik kecuali Anda terkena dampak bug tertentu.
Daftar lengkap perbaikan Mesa 23.0-rc3 dapat ditemukan di daftar pengumuman mesa.
Selain perubahan RC selama seminggu terakhir, Mesa 23.0 selama periode pengembangan fitur menambahkan dukungan untuk berbagai ekstensi Vulkan baru: driver Radeon “RADV” menambahkan VK_EXT_descriptor_buffer, VK_AMD_shader_early_and_late_framgent_tests, VK_AMD_shader_explicit_vertex_parameter untuk RDNA3, VK_EXT_swapchain_colorspace, dan banyak lagi. Fungsionalitas mesh shader Vulkan juga sekarang diaktifkan secara default untuk RADV dengan perangkat keras seri Radeon RX 6000 di Linux 6.1+ untuk dukungan pengiriman geng. Juga penting dengan Mesa 23.0 adalah dukungan ray-tracing Vulkan yang lebih baik untuk RADV dan banyak peningkatan dan perbaikan/pengoptimalan kinerja RDNA3 lainnya.
Di sisi Intel telah dilakukan pengoptimalan berkelanjutan untuk DG2/Alchemist Arc Graphics dan peningkatan lainnya secara umum. Mesa 23.0 juga memiliki lebih banyak pekerjaan pada Zink, Dozen Microsoft untuk Vulkan pada D3D12 dalam kondisi yang jauh lebih baik, beberapa perbaikan/perhatian pada driver HasVK untuk perangkat keras Intel lama dengan Vulkan, pengodean video yang dipercepat untuk VM tamu dengan Virgl, dan dukungan awal untuk RTX 30 “Ampere” GPU dengan dukungan Linux 6.2 kernel Nouveau.
Mesa 23.0 telah bekerja dengan baik dalam pengujian saya sejauh ini. NbspBerharap semuanya berjalan dengan baik untuk debut Mesa 23.0 minggu depan.

Itulah berita seputar Driver Grafis Mesa 23.0 Bertujuan Untuk Rilis Minggu Depan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.