Driver Intel Linux Menghubungkan Fitur Baru “vRAM Self Refresh” Untuk Kartu Grafis Arc

Dengan siklus Linux 5.19 yang akan datang yang tampaknya menjadi titik di mana dukungan driver grafis Intel DG2/Alchemist Linux menetap dan mungkin berakhir menjadi persyaratan versi dasar untuk kartu grafis diskrit mereka yang akan datang, kami melihat fitur non-inti lainnya pekerjaan terjadi untuk produk Arc Graphics ini. Sebuah fitur baru yang baru saja kita lihat disebutkan hari ini untuk pertama kalinya oleh Intel adalah “vRAM SR”, kependekan dari vRAM Self-Refresh. Dukungan vRAM Self-Refresh memulai debutnya dengan kartu grafis diskrit Intel yang akan datang untuk digunakan selama penangguhan seluruh sistem D3cold dan S0ix. vRAM Self-Refresh menghindari kemungkinan mengeluarkan objek memori lokal ke memori sistem selama status daya rendah. Self-Refresh vRAM mampu mempertahankan konteks memori video khusus dan memungkinkannya untuk dipulihkan saat keluar dari status daya D3cold. Pada gilirannya, fitur ini menurunkan latensi saat meninggalkan status daya rendah tetapi menghasilkan sedikit biaya konsumsi daya dengan mempertahankan status memori video khusus dengan membuatnya tetap menyala sebagian. Kartu grafis klien Intel Arc Graphics juga secara alternatif mendukung mode “D3Cold-Off” alih-alih “D3Cold-VRSR” di mana ada penghematan daya maksimum (nol Watt) meskipun dengan latensi keluar yang lebih tinggi. Intel

Fungsi Intel vRAM Self-Refresh ini juga bergantung pada dukungan dari BIOS host untuk berfungsi. Dukungan vRAM Self-Refresh juga didukung oleh kartu grafis pengembangan DG1 sebelumnya tetapi driver Linux belum mendukungnya hingga saat ini, meskipun itu dapat berubah setelah dukungan DG2 dihilangkan. Pekerjaan Intel vRAM SR ini mengikuti pekerjaan manajemen daya DG2 lainnya yang terlihat juga dalam beberapa hari terakhir untuk menyiapkan kartu grafis klien Intel untuk berjalan dengan baik di Linux. Lihat seri tambalan ini untuk detail lebih lanjut. Meskipun karena waktu dari seri ini, itu tidak diharapkan untuk mendarat sekarang sampai siklus kernel 5.20~6.0.

Itulah berita seputar Driver Intel Linux Menghubungkan Fitur Baru “vRAM Self Refresh” Untuk Kartu Grafis Arc, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.