Driver Open-Source Etnaviv Menambahkan Dukungan GPU GC7000 r6204 Untuk NXP i.MX 8M Plus

Salah satu driver Mesa yang lebih kecil yang terus maju tetapi tidak menerima banyak perhatian seperti nama-nama besar adalah Etnaviv karena menyediakan dukungan grafis open-source, reverse-engineered untuk IP grafis Vivante yang digunakan di berbagai SoC. Etnaviv terus maju dengan tim pengembangan kecilnya untuk menyediakan dukungan OpenGL open-source yang baik untuk grafis Vivante. Prestasi terbaru mereka sekarang mendukung IP GC7000 r6204, yang merupakan GPU yang ditemukan dalam NXP i.MX8MP. GPU GC7000 r6204 / i.MX8MP mirip dengan GPU i.MX8MQ yang sudah didukung tetapi tidak memiliki kemampuan kompresi, hanya pipa piksel tunggal, dan perbedaan kecil lainnya yang perlu diakomodasi oleh driver Gallium3D ini. Permintaan penggabungan ini yang dibuka selama satu tahun tetapi sekarang digabungkan ke Mesa 22.2 inilah yang membuat dukungan GPU ini berjalan jika Anda menggunakan SoC NXP i.MX8MP. Papan Evaluasi NXP i.MX 8M Plus

Selain grafis Vivante GC7000UL pada i.MX8MP (i.MX 8M Plus), SoC ini memiliki dua atau empat inti Arm Cortex A53, opsi inti sekunder dengan Cortex-M7 dan Cadence HiFi 4 DSP, dan ditujukan untuk beban kerja pembelajaran mesin dengan memiliki unit pemrosesan saraf dan prosesor sinyal gambar ganda.

Itulah berita seputar Driver Open-Source Etnaviv Menambahkan Dukungan GPU GC7000 r6204 Untuk NXP i.MX 8M Plus, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.