Driver RADV Radeon Vulkan Mulai Mendarat Dukungan Perpustakaan Pipa Grafis

  • Post author:
  • Post category:Linux

Driver Radeon Vulkan Mesa “RADV” telah mulai mendapatkan dukungan untuk VK_EXT_graphics_pipeline_library berkat kerja salah satu pengembang driver grafis Linux Valve.
VK_EXT_graphics_pipeline_library adalah ekstensi yang memulai debutnya di Vulkan 1.3.210. Ekstensi yang dipublikasikan kembali pada bulan Maret memungkinkan shader untuk dikompilasi lebih awal dari pada waktu pembuatan objek keadaan pipa.
VK_EXT_graphics_pipeline_library memungkinkan untuk memisahkan kompilasi shader menjadi empat bagian berbeda dari pipa grafis untuk memungkinkan bagian dari kompilasi shader terjadi lebih awal dan untuk memungkinkan lebih banyak penggunaan kembali pipa yang berbagi shader atau status yang sama di beberapa pipa. Peningkatan modularitas pada pipa grafis Vulkan ini dikerjakan oleh Valve, AMD, NVIDIA, Google, Ubisoft, dan vendor lainnya.
Pengembang driver grafis open-source Samuel Pitoiset dengan tim driver grafis Linux Valve telah menghubungkan dukungan VK_EXT_graphics_pipeline_library untuk RADV. Dia menulis di MR yang sekarang digabungkan:
Implementasi perpustakaan pipa grafis eksperimental dan sangat suboptimal ini tidak boleh digunakan oleh siapa pun, kecuali untuk tujuan pengembangan. Ini masih dalam pengembangan aktif dari pihak saya. Ekstensi ini hanya diekspos melalui RADV_PERFTEST=gpl.
Ini sangat suboptimal karena RADV belum mendukung epilog PS dan prolog VS perlu ditingkatkan/dikerjakan ulang karena GPL mengubah logika (misalnya tidak dapat mengetahui tahap selanjutnya saat mengkompilasi prolog). Jadi, saat ini driver SELALU mempertahankan shader NIR selama pembuatan lib dan itu menautkan dan mengkompilasi dalam pipa akhir.
Saya memiliki cabang WIP untuk kira-kira semuanya tetapi terlihat lebih mudah untuk mulai menggabungkan implementasi awal untuk meningkatkan langkah demi langkah dari main. Komit ini mungkin terlihat sederhana dan pendek tetapi saya sudah menggabungkan TON pekerjaan awal. RADV jelas belum siap untuk GPL dan masih belum sepenuhnya baik-baik saja. Harapkan refactoring lagi.
Implementasi ini saat ini lulus dEQP-VK.pipeline.pipeline_library.* pada NAVI21, kecuali beberapa tes pembuatan umpan balik karena bug CTS. Ini masih merupakan pekerjaan dalam proses tetapi setidaknya 400 baris kode awal untuk pipeline grafis perpustakaan digabungkan dan mudah-mudahan lebih banyak implementasi akan disiapkan oleh rilis Mesa 22.3 kuartal berikutnya.

Itulah berita seputar Driver RADV Radeon Vulkan Mulai Mendarat Dukungan Perpustakaan Pipa Grafis, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.