Driver Rockchip VOP2 DRM Datang ke Linux 5.19 Untuk Dukungan Tampilan Dengan SoC Yang Lebih Baru

Selain dukungan DisplayPort ASpeed ​​AST2600 yang dikirim sebagai bagian dari pembaruan drm-misc-next minggu ini yang ditujukan untuk Linux 5.19, tambahan menonjol lainnya yang layak untuk artikelnya sendiri adalah driver tampilan Rockchip VOP2 yang sedang dimainlinekan.
Visual Output Processor (VOP) dari SoC Rockchip yang lebih baru. VOP adalah pengontrol tampilan dengan SoC Cina ini dan driver Direct Rendering Manager ini membuatnya bekerja dengan baik dari kernel Linux meskipun dukungan 3D tidak dalam lingkup driver open-source ini.
Rockchip RK3568

VOP2 digunakan oleh SoC Rockchip dimulai dengan SoC RK3566 / RK3568. Driver untuk jalur utama ini berasal dari driver hilir Rockchip yang ada yang dikirimkan oleh kernel mereka. Driver upstream ini harus melihat perubahan besar untuk menghapus properti DRM non-standar, kode ceroboh, dan perubahan lain dari status driver downstream tersebut.
Driver ini dikerjakan oleh Rock Chip bekerja sama dengan firma konsultan Linux tertanam Pengutronix. Driver ROCKCHIP_VOP2 berjumlah 3,5 ribu baris kode baru untuk mengaktifkan pengontrol tampilan ini dengan SoC Rockchip baru.

Itulah berita seputar Driver Rockchip VOP2 DRM Datang ke Linux 5.19 Untuk Dukungan Tampilan Dengan SoC Yang Lebih Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.