Dukungan Arsitektur CPU Renesas H8/300 Akan Dijatuhkan Di Linux 5.19

Dukungan arsitektur CPU Renesas (aslinya Hitachi Semiconductor) H8/300 “h8300” diatur untuk dihapus sekali lagi dari kernel Linux. Itu sebelumnya pensiun tahun lalu sebelum dikembalikan hanya untuk sekali lagi gagal dipertahankan.
Seperti yang dibahas bulan lalu ketika dibahas lagi tentang gagasan menjatuhkan port kernel Linux h8300, pada tahun 2013 dukungan CPU H8/300 ini awalnya dihapus karena pada saat itu sudah tidak dirawat selama bertahun-tahun dan bahkan dukungan kompiler GCC rusak. Namun kemudian pada tahun 2015 seorang pengembang berjanji untuk memelihara pelabuhan dan membuatnya menjadi lebih baik. Tetapi sejak akhir tahun 2015, belum banyak pekerjaan khusus h8300 dengan sebagian besar komitmen menyentuhnya hanya dalam hal pembersihan/perbaikan/perubahan di seluruh pohon.

The h8300 telah disebut sebagai arsitektur CPU yang paling tidak terawat untuk kernel Linux dan bahkan patch h8300 yang bertahan di repositori out-of-tree selama bertahun-tahun belum berakhir menjadi mainstream. Jadi untuk Linux 5.19 port CPU ini dihapus lagi — kali ini semoga baik-baik saja.
Arsitektur h8300 dihentikan setelah secara efektif tidak dirawat selama beberapa tahun. Ini adalah arsitektur terakhir yang kami dukung yang tidak memiliki implementasi MMU, tetapi masih ada beberapa arsitektur (arm, m68k, riscv, sh dan xtensa) yang mendukung CPU dengan dan tanpa MMU. Tarikan asm-generic menghapus arsitektur ini dari inti utama.

Itulah berita seputar Dukungan Arsitektur CPU Renesas H8/300 Akan Dijatuhkan Di Linux 5.19, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.