Dukungan Boot Terkompresi EFI Generik Disiapkan Menjelang Linux 6.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembang kernel Linux Ard Biesheuvel telah mengerjakan serangkaian patch yang mengimplementasikan dukungan boot terkompresi generik EFI yang dapat dengan mudah digunakan oleh arsitektur seperti AArch64, LoongArch, dan RISC-V.
Antrian ke cabang “berikutnya” EFI Linux sebelum jendela penggabungan Linux 6.1 yang dibuka pada awal Juli adalah dukungan boot terkompresi EFI generik. Biesheuvel menjelaskan motivasi dan alasan untuk pekerjaan ini:
Arsitektur yang relatif modern seperti arm64 atau RISC-V tidak mengimplementasikan kernel self-decompressing, dan menyerahkannya kepada bootloader untuk mendekompresi image terkompresi sebelum menjalankannya. Untuk boot bare metal, kebijakan ini masuk akal, karena image dekompresi otomatis pada dasarnya menduplikasi banyak pekerjaan persiapan yang rumit untuk membuat pemetaan 1:1 dan menyiapkan runtime C, dan untuk menemukan atau menyimpulkan lokasi DRAM dari pohon perangkat atau tabel firmware lainnya.
Untuk boot EFI, situasinya sedikit berbeda: titik masuk EFI dipanggil dengan pemetaan cache 1:1 yang mencakup semua DRAM yang sudah aktif, dan dengan tumpukan, tumpukan, peta memori, dan layanan boot untuk memuat dan memulai gambar. Ini berarti agak sepele untuk mengimplementasikan pembungkus self-decompressing untuk boot EFI secara umum, dan menggunakannya kembali di seluruh arsitektur yang mengimplementasikan boot EFI. Pada tahap ini kode berhasil disambungkan untuk ARM64, LoongArch, dan RISC-V tetapi membutuhkan sedikit pekerjaan khusus arsitektur dan dapat diadaptasi untuk arsitektur tambahan nanti. Atau EFI_ZBOOT baru meringkasnya sebagai:
Buat image yang dapat di-boot sebagai aplikasi EFI yang membawa image kernel aktual dalam bentuk terkompresi, dan dekompresi ke dalam memori sebelum menjalankannya melalui panggilan layanan boot EFI LoadImage/StartImage. Untuk kompatibilitas dengan pemuat non-EFI, muatan dapat didekompresi dan dieksekusi oleh pemuat juga, asalkan pemuat mengimplementasikan algoritme dekompresi dan boot non-EFI didukung oleh gambar yang dienkapsulasi. (Algoritme kompresi yang digunakan dijelaskan dalam header gambar zboot)Gzip / LZ4 / LZMA / LZO / XZ / Zstd adalah salah satu kemungkinan algoritme kompresi. Fitur ini berada di bawah opsi EFI_ZBOOT baru dan memungkinkan penandatanganan gambar juga untuk UEFI Secure Boot.
Mereka yang tertarik dengan detail lebih lanjut tentang dukungan boot terkompresi generik untuk EFI ini dapat menemukan tambalan yang diantrekan sekarang di EFI.git menjelang jendela penggabungan Linux 6.1 yang akan datang.

Itulah berita seputar Dukungan Boot Terkompresi EFI Generik Disiapkan Menjelang Linux 6.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.