Dukungan CPU Ampere-1A Ditambahkan ke GCC 13

  • Post author:
  • Post category:Linux

Vendor prosesor server AArch64 terkemuka Ampere Computing mengumumkan musim panas ini AmpereOne sebagai merek untuk desain prosesor server “cloud native” AArch64 generasi berikutnya yang menggantikan prosesor Ampere Altra / Ampere Altra Max mereka saat ini berdasarkan Neoverse-N1. Sementara prosesor AmpereOne belum diluncurkan secara resmi, dengan inti AArch64 baru menjadi desain asli, Ampere Computing telah mengirimkan patch dukungan ke kompiler open-source. Sentuhan terbaru dalam pengaktifan ini sekarang mengakui varian “Ampere-1A” baru. Kembali ke November lalu menambahkan target “Ampere1” ke GCC yang mengkonfirmasi prosesor server Ampere Computing generasi berikutnya menggunakan ISA berbasis ARMv8.6 dan fitur dasar lainnya. Awal tahun ini dukungan LLVM ditambahkan sebagai Ampere1.

Now yang digabungkan untuk GCC 13 juga memperkenalkan “ampere-1a” sebagai target CPU baru. Ampere-1A memiliki tabel biaya instruksi yang diperbarui, pasangan fusi baru (A + B + 1 dan A – B – 1) dan memiliki ID prosesor yang berbeda dengan Ampere-1 (non-A). Tidak seperti Ampere-1, Ampere-1A mendukung Memory Tagging Extension (MTE) AArch64.

Sebelum melihat komit GCC ini dibuat sebelumnya hari ini, saya tidak percaya saya pernah mendengar tentang varian “Ampere-1A” ini sama sekali, jadi akan menarik untuk melihat bagaimana akhirnya diposisikan dan apa perbedaan lain yang mungkin dimilikinya di atas inti AmpereOne standar. Ini tentu saja mungkin Ampere-1A mungkin semacam penyegaran AmpereOne yang tidak diluncurkan sampai setelah peluncuran produk AmpereOne yang akan datang tetapi tambalan kompiler diterbitkan sekarang untuk membuatnya menjadi versi kompiler GCC tahunan berikutnya (jika demikian, pujian untuk Ampere Computing untuk mengeluarkan patch pemberdayaan baru lebih awal). Bagaimanapun kami tentu ingin mendengar lebih banyak tentang AmpereOne secara umum untuk prosesor server AArch64 ini untuk bersaing dengan AMD EPYC Genoa dan Bergamo bersama dengan Intel Xeon Sapphire Rapids yang akan datang.

Itulah berita seputar Dukungan CPU Ampere-1A Ditambahkan ke GCC 13, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.