Dukungan Intel Meteor Lake VPU Accelerator Siap Untuk Linux 6.3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Di antara banyak aspek menarik dari prosesor klien Meteor Lake generasi berikutnya dari Intel adalah pengenalan akselerator inferensi Versatile Processing Unit (VPU) untuk beban kerja Computer Vision (CV) dan Deep Learning (DL).
Kembali ke musim panas lalu, para insinyur Intel yang mengerjakan dukungan Linux telah memposting kode driver sumber terbuka untuk VPU Intel (jangan bingung dengan Unit Pemrosesan Visi atau Unit Pemrosesan Video…) yang diperkenalkan dengan Meteor Lake. Driver itu juga diadaptasi untuk kerangka/subsistem akselerator komputasi baru Linux. Driver tersebut sekarang siap untuk di-upstream untuk Linux 6.3 dan penambahan “iVPU” ini akan berfungsi sebagai driver pertama dalam subsistem akselerator.
Dikirim pada hari Selasa adalah drm-misc-next pull request dari materi baru yang masuk ke DRM-Next menjelang jendela penggabungan Linux 6.3 bulan Februari. Yang paling signifikan dengan tarikan itu adalah memperkenalkan driver akselerator Intel VPU yang baru.

Selain driver kernel sumber terbuka sepenuhnya untuk Unit Pemrosesan Serba Guna Intel, Intel telah menerbitkan kode driver VPU ruang pengguna sumber terbuka mereka. Untuk kemudian memanfaatkan VPU Intel di dunia nyata, mereka juga memiliki dukungan kompiler dan driver di OpenVINO untuk memanfaatkan blok perangkat keras baru ini dengan prosesor Core Generasi ke-14.
Jadi tambahkan driver akselerator Intel Versatile Processing Unit ke perubahan menarik yang hadir dengan Linux 6.3.

Itulah berita seputar Dukungan Intel Meteor Lake VPU Accelerator Siap Untuk Linux 6.3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.