Dukungan NVIDIA Ampere GA103 Untuk Nouveau Dikirim Untuk Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sebagai bagian dari pull request “drm-misc-fixes” hari ini, dukungan GPU NVIDIA Ampere GA103 akan ditambahkan ke driver DRM Nouveau dengan Linux 6.0.
GPU NVIDIA GA103 digunakan oleh GeForce RTX 3060 Ti dan dukungan driver Nouveau open-source untuk itu akhirnya diposting awal bulan ini. Tetapi patch pengaktifan GA103 itu hanya berjumlah beberapa baris kode yang menambahkan chipset baru dan membuatnya mengambil jalur kode driver yang ada. GA103 yang mengikuti Ampere yang ada dan jalur kode driver sebelumnya bekerja dengan baik dalam pengujian oleh Karol Herbst dari Red Hat.
Karena penambahan driver sepele khusus hanya untuk GA103, itu tidak berisiko mundur dari dukungan perangkat keras yang ada dan dengan demikian merupakan tambahan jendela pasca-penggabungan yang aman yang dapat dikirim sebagai “perbaikan” ke kernel yang masih untuk Linux 6.0.

Jangan terlalu bersemangat karena dengan dukungan Linux 6.0 saat ini untuk GPU NVIDIA Ampere, itu pada dasarnya berarti dukungan pengaturan tampilan/mode. Dukungan akselerasi GPU Ampere yang sejalan dengan file firmware bertanda tangan RTX 30 Ampere yang diterbitkan NVIDIA awal tahun ini tidak cocok untuk jendela penggabungan 6.0. Tetapi para insinyur Red Hat tampaknya sudah dekat dalam mendapatkan dukungan driver kernel, jadi semoga untuk Linux 6.1 kita akhirnya akan melihat driver open-source bekerja dengan akselerasi perangkat keras dan kemudian dukungan OpenGL dengan kode Mesa Nouveau. Tetapi masih ada masalah dukungan clocking ulang yang diperlukan untuk kinerja yang lebih baik di Nouveau dengan GPU modern dan driver NVIDIA Vulkan open-source eksperimental yang masih dalam kondisi awal, tidak sesuai untuk Mesa.
Tetapi bagaimanapun juga jika Anda memiliki GA103 / RTX 3060 Ti, setidaknya dukungan tampilan harus baik untuk digunakan dengan Linux 6.0 setelah perbaikan DRM ini mendarat di jalur utama. Perbaikan drm-misc lainnya minggu ini semuanya cukup kecil.

Itulah berita seputar Dukungan NVIDIA Ampere GA103 Untuk Nouveau Dikirim Untuk Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.