Dukungan NVIDIA GA103 Diposting Untuk Open-Source Nouveau Linux Driver

  • Post author:
  • Post category:Linux

Digabungkan tahun lalu ke driver Nouveau DRM kernel Linux adalah dukungan awal untuk GPU GeForce RTX 30 “Ampere” awalnya dalam bentuk bagian GA100 dan GA102. Dukungan itu untuk saat ini masih terbatas hanya pada pengaturan mode/dukungan tampilan dengan 3D yang masih ditangani, tetapi sekarang sebuah patch telah diposting yang secara sepele memperluas dukungan untuk mencakup GPU GA103 juga.
GA103 digunakan oleh GeForce RTX 3060 Ti dan Karol Herbst Red Hat hari ini memposting tambalan yang memungkinkannya dalam driver DRM Nouveau. 22 baris kode yang memiliki GA103 menggunakan jalur kode Ampere GA100/GA102 yang ada sudah cukup untuk menyalakan GPU ini setidaknya pada driver NVIDIA DRM open-source yang direkayasa ulang ini.

Tapi jangan terlalu bersemangat karena hingga Linux 6.0, dukungan Ampere masih terbatas pada fungsionalitas tampilan. NVIDIA kembali pada bulan April akhirnya memposting firmware yang ditandatangani yang diperlukan untuk dukungan Ampere untuk akselerasi perangkat keras 3D. Ben Skeggs, Karol Herbst, dan yang lainnya di tim grafis Red Hat sekarang bekerja untuk mengaktifkan dukungan Ampere 3D dengan Nouveau.
Karol Herbst baru-baru ini berkomentar di forum bahwa mereka memiliki Ampere OpenGL yang bekerja di Nouveau, tetapi belum siap pada waktunya untuk Linux 6.0. Jadi sepertinya Linux 6.1 adalah saat akan ada dukungan akselerasi 3D awal di tempat. Tetapi masih harus dilihat seberapa baik itu akan relatif terhadap driver berpemilik terutama jika menghadapi tantangan re-clocking yang sama seperti generasi terbaru dari NVIDIA GPU.
Mengingat waktu tambalan GA103 ini, dukungan itu dan dukungan akselerasi Ampere kemungkinan akan datang di Linux 6.1.

Itulah berita seputar Dukungan NVIDIA GA103 Diposting Untuk Open-Source Nouveau Linux Driver, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.