Dukungan Panfrosts Initial Arm Mali Valhall Dikirim Ke DRM-Next Untuk Linux 5.20

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan melewati jendela penggabungan Linux 5.19, kumpulan awal perubahan fitur drm-misc-next yang menargetkan kernel Linux 5.20 telah dikirimkan ke DRM-Next untuk antrian sampai jendela penggabungan kernel berikutnya dimulai nanti di musim panas.
Dikirim pada hari Rabu oleh Thomas Zimmermann dari SUSE adalah semua perubahan drm-misc-next yang dikumpulkan sejauh ini untuk DRM inti dan berbagai driver Direct Rendering Manager yang lebih kecil. Sebagian besar perubahan tidak terlalu mencolok: terus ada banyak penambahan driver bridge, perbaikan acak ke GMA500, dan banyak perbaikan acak ke driver kecil lainnya sebagian besar dalam ruang Arm SoC.
Bisa dibilang yang paling menonjol dengan pembaruan drm-misc-next minggu ini adalah memiliki dukungan driver DRM Panfrost awal untuk grafis “Valhall” Arm Mali Generasi Pertama. Linux 5.20 yang dipasangkan dengan Mesa 22.2 di ruang pengguna akan cukup untuk menjalankan OpenGL ES di Arm Mali G57.

Patch difokuskan pada Mali-G57 “Natt” sementara GPU Valhall generasi pertama dan kedua lainnya harus diaktifkan dengan perubahan serupa pada apa yang saat ini sedang antri. Pengujian dilakukan dengan MediaTek SoC. Di ruang pengguna, peluncuran awalnya difokuskan pada OpenGL/GLES dengan Panfrost Gallium3D sementara PanVK Vulkan seharusnya tidak jauh di belakang.
Daftar lengkap perubahan drm-misc-next untuk minggu ini dapat ditemukan melalui posting milis ini.

Itulah berita seputar Dukungan Panfrosts Initial Arm Mali Valhall Dikirim Ke DRM-Next Untuk Linux 5.20, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.