Dukungan RADVs Vulkan Mesh Shading

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kemarin pada hari pertama Konferensi Pengembang X.Org (XDC 2022), Timur Kristóf dari tim driver GPU Linux open-source Valve mempresentasikan dukungan mesh shader Vulkan yang sedang dikerjakan untuk RADV.
Diperkenalkan pada awal September dengan Vulkan 1.3.226 membawa VK_EXT_mesh_shader sebagai akhirnya memiliki ekstensi mesh shader lintas vendor untuk Vulkan API. Ekstensi VK_EXT_mesh_shader adalah mekanisme baru yang memungkinkan aplikasi menghasilkan koleksi primitif geometris melalui naungan mesh yang dapat diprogram. Vulkan mesh shader adalah alternatif dari pipeline shading primitif yang dapat diprogram yang ada.
Dukungan mesh shader ini adalah salah satu tambahan yang paling menonjol untuk Vulkan API untuk tahun 2022 dan dengan cepat didukung oleh RADV berkat Timur yang telah mengerjakan dukungan sebelumnya dengan ekstensi vendor mesh shader NVIDIA. Mendukung ekstensi meskipun telah menjadi sakit kepala yang agak menantang. RADV juga belum mengekspos fungsionalitas mesh shader secara default hingga Linux 6.1 tersedia dengan dukungan pengiriman geng AMDGPU.
Bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang fungsi shader mesh Vulkan khususnya dalam konteks Mesa/RADV, presentasi Timur dari XDC 2022 disematkan di bawah dan ada juga dek slide PDF.

Itulah berita seputar Dukungan RADVs Vulkan Mesh Shading, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.