Dukungan Sensor/Kipas OneXPlayer Diperluas ke Lebih Banyak Model Dengan Pengenalan Linux 6.2-nya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Salah satu driver perangkat keras baru yang akan diperkenalkan pada siklus kernel Linux 6.2 mendatang adalah driver sensor OneXPlayer untuk mendukung pemantauan perangkat keras pada perangkat game genggam berbasis x86_64. Sementara perangkat OneXPlayer dikirimkan dengan Windows secara default, Linux menjadi target yang semakin dicari terutama dengan prospek untuk menjalankan SteamOS.
Baru-baru ini ada pekerjaan pada driver platform/sensor OneXPlayer yang berfokus pada pengaktifan dukungan kontrol kipas yang dikelola oleh pengontrol tertanam (EC) perangkat.
OneXPlayer Mini

Awalnya driver “oxp-sensors” baru ini terbatas hanya pada salah satu perangkat genggam OneXPlayer bertenaga AMD tetapi sekarang telah diperpanjang. Driver ini dengan pengenalan Linux 6.2 sekarang mendukung pembacaan dan pengaturan kontrol kipas pada perangkat genggam game berikut:
– AOK ZOE A1
– AMD OneXPlayer
– AMD mini OneXPlayer
– OneXPlayer mini AMD PRO Perangkat OneXPlayer berbasis Intel tetap tidak didukung oleh driver ini.

AOK ZOE A1 adalah perangkat yang mirip dengan OneXPlayer dan dilengkapi SoC Ryzen 7 6800U, layar IPS 8 inci, dan menjalankan Windows 11 secara default.
Mendukung perangkat tambahan ini dengan driver oxp-sensor pada akhirnya hanya menambahkan string DMI yang berbeda. Patch ini dalam cabang hwmon-next subsistem HWMON memperluas daftar perangkat yang didukung sebelum driver oxp-sensors digabungkan ke jalur utama bulan depan untuk jendela penggabungan Linux 6.2.

Itulah berita seputar Dukungan Sensor/Kipas OneXPlayer Diperluas ke Lebih Banyak Model Dengan Pengenalan Linux 6.2-nya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.