EndeavourOS Apollo Mendarat dengan Worm WM, Pengalaman Instalasi yang Lebih Baik, dan Lainnya

Pendiri
EndeavourOS Bryan Poerwo hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum EndeavourOS Apollo sebagai snapshot ISO terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Arch Linux ini untuk massa.

Ya, Apollo telah mendarat, empat bulan setelah EndeavourOS Atlantis dan tiga setengah beberapa bulan setelah EndeavourOS Atlantis Neo, penuh perbaikan di sekitar proses instalasi dan sesi langsung dalam upaya untuk menarik lebih banyak pengguna ke distro rilis bergulir berbasis Arch Linux yang populer ini.

Pertama-tama, mari kita bicara tentang fitur-fitur besar di EndeavourOS Apollo , yang didukung oleh seri kernel Linux 5.17 terbaru dan terhebat dan seri tumpukan grafis Mesa 22. Ini adalah kombinasi terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini jika Anda menginginkan dukungan perangkat keras dan kinerja game yang canggih.

Fitur baru lainnya dalam rilis ini adalah penambahan pengelola jendela baru bernama Worm dan dikembangkan oleh anggota komunitas EndeavourOS. Ditulis dalam Nim, Worm adalah window manager ringan untuk X11 yang mendukung mode floating dan tiling.
“Codic12 memutuskan untuk mengembangkan WM ini untuk memenuhi kebutuhannya akan window manager ringan yang bekerja baik dengan mode floating dan tiling dan memiliki dekorasi jendela dengan meminimalkan, memaksimalkan, dan menutup tombol dalam tata letak apa pun yang diinginkan dan yang dapat berjalan pada sistem semi-embedded seperti [Raspberry] Pi Zero, ”kata Bryan Poerwo. “Ia menerapkan sebagian besar bagian penting dari spesifikasi EWMH dan ICCCM, jadi sebagian besar aplikasi akan berjalan dengan baik.”
Selain itu, instalasi EndeavourOS baru sekarang akan mengaktifkan firewall FirewallD secara default, utilitas grafis baru yang memungkinkan pengguna memilih dan menginstal aplikasi yang mereka butuhkan, serta alat baris perintah yang membantu pengguna GPU NVIDIA menginstal driver grafis NVIDIA terbaru, termasuk driver lama seri 470 dan 390.

Berbicara tentang instalasi baru, EndeavourOS Apollo menghadirkan instalasi yang jauh lebih baik pengalaman yang memungkinkan Anda menginstal lingkungan grafis Xfce dan i3, menginstal Edisi Komunitas EndeavourOS dengan manajer login khusus mereka, menambahkan tombol Info baru untuk instalasi yang disesuaikan, dan mengompresi file pada instalasi Btrfs.

Tentu saja, Calamares, installer grafis default EndeavourOS menerima berbagai perbaikan, dan ada juga beberapa perbaikan di sekitar mirror sehingga Anda dapat menginstal distribusi lebih cepat. Anda dapat membaca semua tentang perubahan yang disertakan dalam EndeavourOS Apollo di halaman pengumuman rilis.
Unduh EndeavourOS Apollo 22.1

Sumber: Google, 9to5linux.com