Etnaviv Gallium3D Mendarat Kompilasi Async Shader Dengan ARB_parallel_shader_compile

  • Post author:
  • Post category:Linux

Bagi mereka yang tertarik dengan driver Etnaviv Gallium3D yang menyediakan dukungan OpenGL open-source yang direkayasa terbalik untuk IP grafis Vivante, fitur terbarunya adalah mendukung kompilasi shader asinkron GLSL.
Driver Etnaviv terus ditingkatkan untuk meningkatkan dukungan driver GPU open-source untuk Purism Librem 5 dan berbagai perangkat/SoC lain yang mengandalkan IP grafis Vivante ini. Untuk Mesa 22.2, fitur terbaru untuk menandai daftar TODO untuk Etnaviv adalah ARB_parallel_shader_compile.
ARB_parallel_shader_compile adalah ekstensi OpenGL yang memungkinkan petunjuk seputar jumlah utas CPU yang ingin digunakan aplikasi/game untuk kompilasi shader dan pada dasarnya penanganan kompilasi shader yang lebih baik secara paralel.
Christian Gmeiner yang memimpin pengembangan upaya Etnaviv menambahkan dukungan ARB_parallel_shader_compile yang digabungkan minggu ini ke Mesa 22.2 dan sekarang bergabung dengan orang-orang seperti RadeonSI, Intel Iris, dan Freedreno yang mendukung ekstensi kompilasi shader paralel ini.

Itulah berita seputar Etnaviv Gallium3D Mendarat Kompilasi Async Shader Dengan ARB_parallel_shader_compile, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.