Fedora 37 Mengusulkan Untuk Mengizinkan Akses Tidak Terbatas ke Flathub

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sampai saat ini Fedora out-of-the-box telah dibatasi untuk subset yang difilter dari paket Flathub ketika diaktifkan melalui Perangkat Lunak GNOME atau Pengaturan Awal GNOME. Namun, hukum sekarang telah menghapus Fedora karena mengizinkan akses tanpa filter/tidak terbatas ke Flathub, memungkinkan pilihan Flatpaks yang jauh lebih banyak tersedia di Fedora Linux dengan rencana untuk ini dimulai dengan Fedora 37.
Kemasan Fedora di sekitar Flatpak telah menjadi versi Flathub yang difilter untuk apa yang kemudian disajikan dalam Perangkat Lunak GNOME atau memungkinkan untuk diinstal dari baris perintah dengan flatpak. Pemfilteran ini dapat dipulihkan nanti jika diperlukan, tetapi untuk saat ini Fedora diizinkan untuk menawarkan akses Flathub yang tidak dibatasi. Dalam kasus tumpang tindih, Fedora Flatpaks akan lebih disukai daripada Flathub.

Perubahan terencana ini memungkinkan akses mudah ke berbagai perangkat lunak yang jauh lebih besar dan menghindari kebingungan oleh pengguna mengapa beberapa penawaran Flathub tidak tersedia di Fedora.
Ada beberapa kemungkinan penentangan terhadap perubahan ini dalam bentuknya saat ini karena Flatpaks memiliki prioritas lebih tinggi daripada RPM dalam Perangkat Lunak GNOME. Jadi perubahan ini mungkin mengalami beberapa masalah kecuali Perangkat Lunak GNOME diubah dalam perilakunya di sekitar RPM Flatpaks vs. Fedora. Ada juga beberapa kekhawatiran atas beberapa paket Flathub yang tidak dibuat dari sumber pihak ketiga yang tepercaya dan berkualitas tinggi.
Rincian lebih lanjut tentang perubahan yang diusulkan untuk Fedora 37 ini melalui daftar pengembangan Fedora. Soal pembukaan akses Fedora ke semua Flathub juga sudah dibahas melalui issue tracker ticket fedora-workstation ini.

Itulah berita seputar Fedora 37 Mengusulkan Untuk Mengizinkan Akses Tidak Terbatas ke Flathub, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.