Fedora 37 Menimbang Perubahan Untuk Meningkatkan Pembuatan Profil/Debugging Tetapi Dengan Kemungkinan Biaya Kinerja

Pengembang Fedora sedang mempertimbangkan untuk menambahkan opsi ke flag kompilasi default untuk Fedora 37 yang dapat meningkatkan profil kinerja dan kemampuan debug dari paket yang dihasilkan tetapi kemungkinan implikasi overhead kinerja — mungkin beberapa persen berdasarkan angka sebelumnya.
Proposal perubahan yang sedang dievaluasi adalah tentang menambahkan “-fno-omit-frame-pointer” ke flag kompilasi default sebagai perubahan di seluruh sistem. Opsi kompiler ini akan memastikan untuk program C/C++ bahwa penunjuk bingkai selalu tersedia sehingga alat debugging/pembuatan profil dapat menggunakannya untuk menyediakan data kinerja yang akurat.
Mereka berharap ini akan mengarah pada peningkatan kinerja di pustaka inti dan yang dapat dieksekusi, tetapi dengan tidak menghilangkan penunjuk bingkai, ada kemungkinan implikasi kinerja. Perilaku default tidak menggunakan penunjuk bingkai dapat menyimpan tiga instruksi per fungsi dan dapat memperlakukan register penunjuk bingkai/basis RBP sebagai register tujuan umum untuk digunakan untuk hal lain.
Tolok ukur internal Meta/Facebook menemukan bahwa membangun dengan “-fno-omit-frame-pointer” tidak memengaruhi dua aplikasi yang paling intensif kinerjanya. Tetapi data pada tahun 2017 dari SUSE dengan kernel Linux 4.18 menunjukkan bahwa ada regresi 5~10% di beberapa tolok ukur.
Pengembang Fedora mengakui risiko perubahan ini menurunkan beberapa beban kerja, di mana proposal perubahan menyarankan paket individual dapat memilih keluar dari perubahan tanda kompiler ini jika mereka menemukan kinerjanya terganggu secara signifikan. Proposal perubahan untuk Fedora 37 sedang diusulkan oleh para insinyur Facebook/Meta.
Rincian proposal perubahan ini dapat ditemukan melalui Fedora Wiki.
Di milis Fedora sudah banyak diskusi tentang perilaku “-fno-omit-frame-pointer” yang diusulkan ini secara default dan kemungkinan dampak negatifnya terhadap kinerja. Ada banyak individu yang meminta lebih banyak pengujian kinerja untuk mengukur potensi dampak dengan lebih baik, termasuk pembandingan Phoronix.
Saya belum melihat sendiri biaya “-fno-omit-frame-pointer” tetapi akan memasukkannya ke daftar TODO saya untuk beberapa tolok ukur awal setidaknya untuk dampak penggunaan “-fno-omit-frame-pointer” pada beban kerja mandiri /benchmarks sementara itu mungkin tidak menangkap dampak penuh dari membangun kembali seluruh sistem operasi dengan perubahan ini, setidaknya itu akan memiliki titik awal. Akan menarik untuk melihat apa yang diputuskan oleh perubahan yang diusulkan untuk Fedora 37 ini mengingat kemungkinan kinerja yang mencapai pengguna akhir atas nama profil kinerja dan pengalaman debugging yang lebih baik.

Itulah berita seputar Fedora 37 Menimbang Perubahan Untuk Meningkatkan Pembuatan Profil/Debugging Tetapi Dengan Kemungkinan Biaya Kinerja, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.