Fedora 37 Tampak Dikirim Dengan Dukungan Stratis Storage 3.1

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sementara banyak proyek open-source Red Hat akhirnya menjadi kesuksesan yang relatif instan yang kemudian akhirnya diadopsi secara luas di komunitas open-source, upaya Red Hat’s Stratis Storage tampaknya menjadi tren sebagai salah satu pengecualian. Red Hat terus berinvestasi di Stratis tetapi tampaknya tidak memiliki adopsi yang cukup besar atau minat luas yang cenderung menyertai sebagian besar proyek mereka. Bagaimanapun, Fedora 37 akhir tahun ini harus dikirimkan dengan teknologi Stratis terbaru. Penyimpanan Stratis dimulai ketika Red Hat memutuskan untuk tidak menggunakan Btrfs di RHEL untuk kemudian mengembangkan proyek yang ditulis Rust ini untuk menyediakan penyimpanan generasi berikutnya dengan fungsionalitas seperti ZFS/Btrfs sambil memanfaatkan sistem file XFS yang matang dan komponen lain yang ada seperti Device Mapper. Stratis terus ditingkatkan oleh para insinyur Red Hat meskipun tampaknya tidak memiliki minat yang signifikan seperti yang dilakukan banyak proyek mereka yang lain. Selain itu, sejak Stratis dimulai, Fedora Workstation telah beralih menggunakan Btrfs secara default dan sistem file itu terus matang dan melihat peningkatan adopsi. Stratis 3.1 dirilis bulan lalu dengan peningkatan pada kode manajemen lapisan blok, pembuatan kumpulan yang disederhanakan, peningkatan antarmuka D-Bus, dan berbagai peningkatan lainnya. Proposal perubahan Fedora sekarang telah diajukan untuk memasukkan Stratis 3.1 ke Fedora 37. Proposal perubahan menyatakan, “Stratis 3.1.0 mencakup peningkatan signifikan pada pengelolaan lapisan penyediaan tipis, serta sejumlah peningkatan lain yang terlihat oleh pengguna dan perbaikan bug.” Stratis

Usulan perubahan adalah formalitas sederhana untuk memasukkan versi Stratis terbaru ke rilis Fedora Linux berikutnya meskipun bukan tentang mengubah konfigurasi default atau sejenisnya. Proposal perubahan masih harus melalui Komite Pengarah dan Teknik Fedora tetapi mungkin akan lolos dengan mudah. Banyak pekerjaan fitur terus dibangun untuk Fedora 37 yang akan debut sebelum akhir Oktober. Pernahkah Anda menggunakan Penyimpanan #Stratis Red Hat?

— Phoronix (@phoronix) 24 Juni 2022

Itulah berita seputar Fedora 37 Tampak Dikirim Dengan Dukungan Stratis Storage 3.1, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.