Fedora 40 Melihat Pengetatan Dukungan Warisan Bahasa C Menjelang GCC 14

  • Post author:
  • Post category:Linux

Proposal perubahan yang dirancang untuk Fedora 40 tahun depan melihat “memindahkan Fedora ke C modern” dengan memastikan kode sumber paket C yang terkandung sesuai dengan kompiler C99 yang ketat.
Untuk kompiler GCC 14 pada tahun 2024, developer open-source akan menonaktifkan dukungan untuk konstruksi bahasa C lama secara default. Pengembang LLVM sedang mencari kemungkinan menonaktifkan konstruksi warisan C bahkan lebih awal dari itu. Dengan Fedora 40, tujuannya adalah untuk lebih proaktif dalam menemukan proyek sumber terbuka yang masih mengandalkan perilaku C lama sehingga hulu dapat beradaptasi tepat waktu.
Proposal perubahan F40 baru diringkas sebagai:
Kembali pada tahun 1999, revisi baru dari standar C menghapus beberapa fitur kompatibilitas mundur. Namun, GCC masih menerima konstruksi usang ini secara default. Dukungan untuk konstruksi ini membingungkan pemrogram dan berpotensi memengaruhi kemampuan GCC untuk mengimplementasikan fitur dari standar C di masa mendatang. Versi GCC mendatang (kemungkinan GCC 14) diharapkan akan menonaktifkan dukungan untuk konstruksi bahasa lama ini secara default. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mempersiapkan Fedora untuk transisi ini. Di antara perubahan yang sedang dilihat untuk GCC 14 dan yang akan dibuat dengan Fedora 40 termasuk penghapusan deklarasi fungsi implisit, penghapusan int implisit, penghapusan deklarasi fungsi gaya lama, kata kunci bool/true/false, mengubah arti ( ) dalam deklarator fungsi, dan menolak konversi implisit antara bilangan bulat dan pointer sebagai kesalahan.
Untuk proyek sumber terbuka yang telah berfokus pada kompatibilitas C99+ dan pengembang yang memperhatikan peringatan kompiler, dorongan untuk bersiap-siap untuk “C modern” dengan GCC 14+ atau lebih awal di Fedora Linux tidak akan menyebabkan masalah besar. Tetapi untuk paket open-source yang jarang dipelihara dan sejenisnya mungkin ada pembaruan yang harus dilakukan untuk bersiap-siap untuk perubahan kompiler yang akan datang ini dan untuk membangun dengan bersih di Fedora 40 tahun depan.
Usulan perubahan masih perlu diperiksa oleh Fedora Engineering and Steering Committee (FESCo). Selain halaman Wiki proposal perubahan, ada juga diskusi aktif mengenai usulan perubahan Fedora 40 ini melalui daftar pengembang Fedora.

Itulah berita seputar Fedora 40 Melihat Pengetatan Dukungan Warisan Bahasa C Menjelang GCC 14, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.