Fedora Linux Menonaktifkan Dukungan Mesas H.264 / H.265 / VC1 VA-API Atas Masalah Hukum

  • Post author:
  • Post category:Linux

Untuk pengguna Fedora Linux yang saat ini menggunakan dukungan VA-API Mesa dengan driver grafis AMD open-source atau yang serupa dan menggunakannya untuk mempercepat decoding H.264, H.265, atau VC1, Anda mungkin akan segera kehabisan keberuntungan dan harus mundur untuk menggunakan decoding berbasis CPU atau mengandalkan build Mesa tidak resmi/pihak ketiga.
Paket Mesa Fedora telah dibuat dengan dukungan penuh VA-API sampai saat ini tetapi sekarang menghapus dukungan akselerasi H.264 / H.265 / VC1 karena alasan hukum (paten). Dapat dimengerti bahwa ini membuat frustrasi beberapa pengguna Fedora yang mungkin telah menikmati dukungan hingga saat ini — terutama dengan tumpukan driver grafis Radeon open-source — dan sekarang dengan Fedora 37/Rawide dan mungkin secara surut pada rilis Fedora Linux yang ada sekarang dapat menemukannya cacat.
Minggu lalu perubahan untuk menghentikan dukungan dari build Mesa VA-API mereka dibuat atas dasar: “Lepaskan codec. Kami tidak memiliki persetujuan hukum untuk ini. Sebelumnya hal itu tidak sengaja dikirimkan.”
David Airlie dari Red Hat mengomentari utas diskusi ini:
Ini adalah pengawasan yang diaktifkan sebelum ini, dan saya pikir kita harus menghapusnya dari Fedora yang lebih lama juga. Fedora tidak dapat mengirimkan apa pun yang menyebabkan OS menyediakan API yang mengekspos algoritma paten.
Lisensi paten di sekitar H264/H265 sedemikian rupa sehingga memberikan ini dapat membuat Red Hat dan distributor Fedora lainnya terkena masalah hukum. Awal tahun ini Mesa menambahkan kemampuan untuk membangun dengan codec video tertentu untuk dinonaktifkan karena masalah paten perangkat lunak.
Langkah ini jelas membuat frustrasi beberapa pengguna yang menjalankan Fedora Workstation dan bergerak maju tidak akan dapat menikmati konten H.264/H.265/VC1 yang dipercepat GPU dengan mudah di luar kotak tetapi perlu menggunakan membangun Mesa sendiri atau menggunakan paket pihak ketiga. Tetapi karena ini adalah masalah hukum dan pihak Fedora / Red Hat untuk berhati-hati, tampaknya tidak ada solusi jangka pendek untuk memperbaiki situasi.

Itulah berita seputar Fedora Linux Menonaktifkan Dukungan Mesas H.264 / H.265 / VC1 VA-API Atas Masalah Hukum, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.