Fedora Workstation Brainstorming Kemungkinan Lingkungan Pemulihan Linux Berbasis GUI

  • Post author:
  • Post category:Linux

Ketika datang ke pemulihan sistem di Linux, pengguna paling sering hanya dibiarkan dengan baris perintah untuk mencoba memulihkan dari boot kernel yang gagal, konfigurasi boot loader yang macet, atau masalah penghentian pertunjukan lainnya. Dengan Fedora Workstation saat ini, mereka hanya memiliki proses pemulihan Linux berbasis CLI tetapi mengincar kemungkinan untuk menciptakan lingkungan pemulihan berbasis GUI yang saling melengkapi. Fedora Workstation seperti kebanyakan distribusi Linux utama memiliki area pemulihan berbasis baris perintah untuk menangani masalah sistem utama, tetapi untuk pengguna Linux pemula dan lainnya, ini dapat menakutkan dan tidak terlalu ramah pengguna… Itulah sebabnya pengembang Fedora brainstorming kemungkinan seperti lingkungan pemulihan berbasis GUI. Lingkungan pemulihan berbasis GUI yang saat ini hipotetis terdengar seperti hampir seperti mode pemulihan macOS Apple di mana mungkin ada kemungkinan untuk mengunduh citra sistem baru dari lingkungan ini. Lingkungan pemulihan juga dapat menawarkan akses ke beberapa alat pemulihan/sistem seperti terminal, Fedora Media Writer, perangkat lunak cadangan, dan banyak lagi. Lingkungan pemulihan berbasis GUI ini akan menawarkan alat perbaikan boot yang mudah digunakan dan alat berbasis UI lainnya untuk membantu memulihkan dari keadaan sistem yang buruk. Bahkan ada kemungkinan bahwa Firefox atau browser web dapat disertakan juga untuk memudahkan akses pemecahan masalah/dokumentasi. Selama bertahun-tahun telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemulihan sistem Linux, seperti pada tangkapan layar di atas dengan pemulihan BulletProof-X Canonical sebelumnya untuk Ubuntu untuk menangani masalah Server X.Org yang terlalu umum pada saat itu. Semoga pada tahun 2022 kita dapat melihat beberapa lingkungan pemulihan sistem Linux berbasis GUI yang berguna dari Fedora / Red Hat.

Ideas untuk kemungkinan lingkungan pemulihan Linux berbasis GUI ini sedang dibahas melalui The Fedora pague.io dan utas milis Fedora ini. Ada minat dari pengguna dan pengembang dalam penawaran semacam itu dan dengan sumber daya Red Hat mungkin akan menjadi solusi yang menarik dan layak.

Itulah berita seputar Fedora Workstation Brainstorming Kemungkinan Lingkungan Pemulihan Linux Berbasis GUI, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.