FEX-Emu 2212 Meningkatkan Dukungan Game x86_64 Di Arm, Sekarang Mendukung GPU Radeon Lama

  • Post author:
  • Post category:Linux

FEX-Emu adalah proyek perangkat lunak sumber terbuka yang bekerja pada emulasi perangkat lunak x86/x86_64 yang cepat di AArch64. FEX-Emu adalah salah satu opsi terkemuka untuk menjalankan binari x86 di Arm 64-bit dan telah cukup matang untuk memungkinkan game Linux dan judul Steam Play berjalan di Arm. FEX 2212 keluar sebagai pembaruan fitur mengkilap terbaru untuk perangkat lunak yang menjanjikan ini.
FEX 2212 adalah langkah maju yang signifikan untuk emulator ini yang memungkinkan dukungan biner x86/x86_64 yang mengesankan pada sistem Arm Linux 64-bit. Dengan FEX 2212 ada dukungan untuk GPU Radeon yang lebih lama, dimulainya dukungan emulasi AVX, dukungan emulasi SGDT untuk mendapatkan game yang mengandalkan perlindungan salinan Denuvo untuk bekerja sedikit lebih jauh, dan berbagai peningkatan lainnya.
FEX 2212 telah mulai mengerjakan emulasi Advanced Vector Extensions (AVX) dan untuk itu mengandalkan prosesor Arm yang mendukung operasi SVE 256-bit. Meskipun emulasi AVX penting, satu-satunya prosesor Arm yang saat ini memiliki dukungan SVE 256-bit ini adalah Neoverse-V1. Jadi emulasi AVX ini lebih melihat ke depan untuk chip Arm masa depan di mana dukungan SVE 256-bit menjadi lebih luas. Emulasi AVX juga hanya implementasi sebagian pada saat ini.
Untuk lebih meningkatkan prospek FEX untuk bermain game, rilis 2212 menambahkan dukungan untuk file konfigurasi berbasis SteamID. FEX 2212 juga mengimplementasikan dukungan instruksi SGDT. Pada gilirannya, hal ini memungkinkan game yang mengandalkan perangkat lunak Denuvo yang kontroversial untuk “melangkah lebih jauh sebelum mengalami crash yang parah”.
Juga meningkatkan FEX untuk pengalaman bermain game tidak lagi mengiklankan instruksi PCLMUL jika ekstensi kriptografi tidak didukung di host. Ini memperbaiki Steam yang berjalan di Raspberry Pi yang akan macet jika menekan OpenSSL.
GPU Radeon ATI/AMD yang lebih lama sekarang harus bekerja dengan FEX 2212 untuk papan Arm di luar sana dengan slot PCI Express.

FEX 2212 juga telah meningkatkan kode emulasi ioctl yang pada gilirannya memungkinkan driver Radeon DRM untuk bekerja dengan emulator ini. Menggunakan driver kernel AMDGPU yang lebih baru untuk kartu grafis GCN 1.2+ (atau GCN 1.0/1.1 secara eksperimental) telah didukung sementara untuk pra-GCN 1.2 (atau pra-GCN jika menggunakan dukungan eksperimental AMDGPU 1.0/1.1), driver Radeon DRM sekarang didukung untuk menggunakan kartu grafis lama.
FEX 2212 juga sekarang menghasilkan operasi IR akses register secara langsung untuk sekitar 12% pengurangan waktu kompilasi JIT dan membuat emulator ini lebih responsif.
FEX 2212 juga menghadirkan pengoptimalan untuk mengurangi gagap, I/O file yang ditingkatkan untuk aplikasi, waktu mulai yang lebih cepat, dan peningkatan lainnya.
Unduhan dan detail lebih lanjut tentang pembaruan besar ini melalui GitHub dan FEX-Emu.com.

Itulah berita seputar FEX-Emu 2212 Meningkatkan Dukungan Game x86_64 Di Arm, Sekarang Mendukung GPU Radeon Lama, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.