FFmpeg Mulai Mengintegrasikan Dukungan Intel oneVPL

  • Post author:
  • Post category:Linux

Intel telah menyumbangkan dukungan untuk perpustakaan pemrosesan video open-source oneVPL mereka ke proyek FFmpeg upstream untuk perpustakaan multimedia lintas platform yang banyak digunakan itu.
Mengingat meluasnya penggunaan perpustakaan multimedia FFmpeg, selama bertahun-tahun para insinyur Intel telah menyumbangkan filter Vulkan, dekode VA-API AV1, integrasi OpenVINO, dan banyak fitur lainnya dari waktu ke waktu ke proyek sumber terbuka ini yang menguntungkan dukungan perangkat keras mereka. Pencapaian terbaru sekarang adalah menambahkan dukungan Intel oneVPL ke FFmpeg.
Pustaka oneVPL adalah bagian dari toolkit oneAPI terkemuka mereka. Ini adalah Pustaka Pemrosesan Video lengkap dengan integrasi untuk enkode dan dekode video serta pasca-pemrosesan. Pustaka oneVPL memungkinkan pembuatan saluran media portabel yang dapat dijalankan pada CPU, GPU, atau akselerator teknis lainnya juga jika mendukung antarmuka oneVPL. GitHub proyek selanjutnya meringkas oneVPL sebagai:
Ini memberikan penemuan dan pemilihan perangkat dalam beban kerja media centric dan analitik video dan primitif API untuk berbagi buffer tanpa salinan. oneVPL kompatibel dengan arsitektur mundur dan lintas arsitektur untuk memastikan eksekusi optimal pada perangkat keras generasi sekarang dan berikutnya tanpa perubahan kode sumber. Saat ini Intel menawarkan back-end oneVPL berbasis CPU dan implementasi oneVPL asli untuk Gen12 / Xe Graphics dan yang lebih baru. Sementara untuk perangkat keras Intel yang lebih lama, mereka memiliki integrasi Intel Media SDK untuk dapat menggunakan perangkat lunak yang mendukung antarmuka oneVPL modern tetapi untuk penggunaan driver yang lebih lama.
Dokumentasi Intel menyoroti dukungan multi-backend mereka untuk oneVPL dengan standar terbuka ini yang mampu mengakomodasi driver baru dan lama, akselerator, dan bahkan mungkin antarmuka video vendor perangkat keras lainnya.

Perangkat lunak oneVPL masih baru sehingga penggunaan terbatas sejauh ini tetapi itu segera diperluas sekarang karena Intel telah memberikan kontribusi integrasi satuVPL ke dalam FFmpeg. Sampai kemarin komitmen oneVPL awal telah mendarat di FFmpeg. Perpustakaan oneVPL 2.0 atau yang lebih baru diperlukan. Opsi “–enable-libvpl” harus disetel pada waktu pembuatan FFmpeg untuk mengaktifkan dukungan satuVPL ini dan tidak akan berfungsi bersama dengan Intel Media SDK / Quick Sync Video (QSV) FFmpeg yang lebih lama sebagai bagian dari opsi yang sama membangun.
Ini adalah berita bagus untuk rilis FFmpeg berikutnya dan semoga kami akan terus melihat lebih banyak adopsi proyek open-source dari oneVPL dan untuk oneAPI secara luas.

Itulah berita seputar FFmpeg Mulai Mengintegrasikan Dukungan Intel oneVPL, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.