Firefox 93 Memasuki Pengujian Beta Publik dengan Dukungan AVIF Diaktifkan secara Default

  • Post author:
  • Post category:Linux


Beberapa jam sebelum peluncuran rilis Firefox 92, Mozilla hari ini mempromosikan browser web Firefox 93 yang akan datang ke saluran beta untuk pengujian publik.

Ini dia lagi. Fitur Firefox (mungkin) yang paling tertunda, pengaktifan dukungan untuk format gambar AVIF secara default, sekarang direncanakan untuk rilis besar berikutnya dari browser web populer, open-source, gratis, dan lintas platform yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia pada platform desktop dan seluler.

Ya, saya berbicara tentang Firefox 93, yang baru saja memasuki pengujian beta publik hari ini dan fitur baru terbesar tampaknya adalah dukungan untuk format gambar generasi baru AV1 Image File Format (AVIF) berdasarkan codec video AV1 modern dan bebas royalti, yang menjanjikan penghematan bandwidth yang besar. Dukungan

AVIF di Firefox sedang dikembangkan selama lebih dari empat (4) tahun, dan meskipun fitur tersebut ada sejak Firefox 86, fitur tersebut belum diaktifkan secara default hingga sekarang karena berbagai bug dan regresi. Tentu saja, Anda selalu dapat mengaktifkannya sendiri, tetapi pengalaman mungkin bermasalah di beberapa situs.

Menurut karyawan Mozilla dan pengembang Firefox Jon Bauman, rencana saat ini untuk AVIF di Firefox adalah mengaktifkannya secara default di Firefox 93 dengan gambar. Opsi avif.compliance_strictness berubah dari 1 (normal) menjadi 0 (maksimal permisif), dan telemetri diaktifkan untuk beberapa rilis Firefox berikutnya untuk “menentukan bagian gambar mana yang akan ditolak dan mengapa.”

“Meskipun dapat menggoda untuk membuat pembaca sepermisif mungkin (orang hanya ingin melihat gambarnya!), ini mengakibatkan normalisasi file yang tidak valid, membuat standar menjadi kurang berguna dan membuat implementasi di masa depan lebih menantang,” kata Bauman. “Karena jumlah AVIF yang beredar hanya akan meningkat, umumnya tidak mungkin untuk membuat implementasi lebih ketat di masa depan.”

Mari berharap Firefox 93 akan menjadi rilis untuk (akhirnya!) mengaktifkan dukungan AVIF secara default, dan Anda dapat ambil versi beta untuk test drive sekarang juga dengan mengunduh binari untuk sistem GNU/Linux 64-bit atau 32-bit dari halaman catatan rilis beta. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis, jadi jangan gunakan untuk pekerjaan produksi apa pun.

Rilis final browser web Firefox 93 direncanakan pada 5 Oktober 2021.

Sumber: Google, 9to5linux.com