Firefox 94 Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Menghadirkan EGL di X11 untuk Pengguna Intel/AMD


Peramban web Firefox 94 Mozilla sekarang tersedia untuk diunduh sebelum peluncuran resmi pada 2 November 2021.

Fitur baru terbesar dari rilis Firefox 94 adalah pengaktifan EGL (OpenGL) API untuk menangani manajemen konteks grafis pada X11 untuk Intel/ Pengguna AMD yang menggunakan tumpukan grafis Mesa terbaru.

Fitur ini menggantikan implementasi GLX lama dan menjanjikan peningkatan kinerja pada mesin hybrid Intel/AMD. Setelah memutakhirkan ke Firefox 94, pengguna Intel/AMD akan melihat rendering WebGL yang lebih cepat, rendering yang lebih efektif, dan kemungkinan decoding video VA-API dalam waktu dekat.

Menurut pengembang Martin Stransky, EGL juga menyatukan jalur rendering untuk X11 dan Wayland. Ini berarti bahwa fitur yang dibuat untuk Wayland, seperti dukungan VSync yang lebih baik atau rendering yang ditangguhkan untuk jendela yang tidak terlihat, juga akan tersedia untuk X11.

“EGL adalah “baru” dari perspektif desktop Linux dan digunakan terutama oleh Wayland, Android, dan berbagai perangkat kecil. Ini tidak sepenuhnya didukung oleh semua driver desktop dan memiliki gangguan, ”jelas Martin Stransky. “Tetapi karena Wayland mendapatkan momentum, EGL juga mendapatkan lebih banyak perhatian dan perbaikan pada desktop Linux.”

Tentu saja, Firefox 94 akan tetap menggunakan GLX untuk pengguna driver grafis NVIDIA pada X11 hingga rilis mendatang dari driver video mereka mendapatkan EGL dan dukungan dma-buf (mereka sedang mengerjakannya).

Jika Anda mengalami gangguan grafis atau masalah lain pada mesin Intel/AMD Anda dengan Firefox 94, Anda dapat beralih kembali ke GLX dengan menyetel opsi gfx.x11-egl.force-disabled di about:config to true.

Selain pengaktifan EGL secara default untuk pengguna Intel/AMD di X11, rilis Firefox 94 memperkenalkan halaman pengaturan baru bernama about:unloads di mana pengguna akan dapat membongkar tab secara manual tanpa menutupnya dengan mengklik pada tombol Bongkar, dalam upaya untuk membebaskan sumber daya sistem.

Halaman ini menunjukkan bagaimana Firefox memprioritaskan tab dan tab mana yang akan dibongkar ketika pembongkaran tab dipicu.

Lebih banyak fitur baru Firefox 94 akan diluncurkan besok, November 2, 2021, ketika Mozilla secara resmi akan merilis versi browser web baru untuk semua platform yang didukung. Sampai saat itu, jika Anda ingin menggunakannya sekarang, Anda dapat mengunduh binari atau sumber dari server FTP Mozilla.

Sumber: Google, 9to5linux.com