Firmware Sumber Terbuka Untuk Motherboard MSI Alder Lake Mengambil Bentuk

Bulan lalu adalah berita mengejutkan tentang Coreboot open-source yang bekerja pada motherboard Intel Alder Lake yang tersedia. Pekerjaan itu untuk motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 sedang dilakukan oleh firma konsultan firmware independen 3mdeb dan menggunakan distribusi firmware open-source Dasharo dengan Coreboot.
Ini adalah upaya yang sangat menjanjikan karena banyak port firmware sumber terbuka untuk motherboard modern cenderung hanya untuk Google Chromebook, berbagai kendaraan pengembangan perangkat lunak / platform referensi yang tidak tersedia secara umum, atau lebih banyak platform khusus seperti penawaran POWER9 Raptor. Dan kemudian solusi firmware open-source untuk motherboard desktop yang tersedia di saluran ritel cenderung berumur puluhan tahun (atau lebih lama) produk dan jauh dari tanggal untuk kinerja dan fitur.
3mdeb telah difokuskan pada motherboard MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 untuk upaya Dasharo mereka saat ini. Sangat bagus dengan ini menjadi motherboard Intel Alder Lake generasi saat ini dan mendukung serangkaian fitur perangkat keras yang kuat dan tersedia dengan mudah dari pengecer Internet besar dengan harga sekitar $230 USD. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan setelah melacak ruang ini selama bertahun-tahun.

Pada hari Selasa mereka mengumumkan rilis v0.3 mereka dengan lebih banyak fungsi yang berfungsi dan hal-hal yang terlihat meningkat.
Rilis baru Dasharo yang kompatibel dengan motherboard MSI PRO Z690-A WIFI DDR4 telah hadir. Pelajari tentang langkah selanjutnya, dan bagaimana kami membayangkan peta jalan untuk proyek ini! Ikuti catatan rilis di sini: https://t.co/OK9TyCa80Fand berlangganan buletin kami: https://t.co/ff63af2C2g pic.twitter.com/ t6vIDEtvOi

— Dasharo (@Dasharo_com) 10 Mei 2022Rilis Dasharo v0.3.0 untuk MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 kini telah menambahkan dukungan TPM, memori HCL, UEFI Secure Boot, booting terukur, dan dukungan untuk tombol menu boot kustom. Ada juga konfigurasi yang ditambahkan/diperbarui di sekitar CPU VR, PCH FIVR, dan PCI Subsystem ID.
Firmware open-source ini berkembang dengan mantap meskipun ada masalah yang diketahui dari perangkat penyimpanan USB yang menghilang setelah reboot / siklus daya dan beberapa port PCI Express saat ini tidak berfungsi.
Ada binari yang tersedia untuk umum untuk port saat ini dan dapat dengan mudah di-flash oleh pengguna menggunakan Flashrom. BIOS asli juga dapat di-flash ulang menggunakan Flashrom jika Anda ingin beralih kembali. Pelajari lebih lanjut tentang upaya firmware sumber terbuka yang menarik ini di Dasharo.com.

Keadaan upaya ini cukup jauh sehingga saya telah memesan MSI PRO Z690-A WiFi DDR4 untuk penggunaan Dasharo/Coreboot… Nantikan pemikiran awal saya minggu depan.

Itulah berita seputar Firmware Sumber Terbuka Untuk Motherboard MSI Alder Lake Mengambil Bentuk, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.