Firmware Terkompresi Zstd Dikirim Untuk Linux 5.19, Perubahan Inti Driver Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Greg Kroah-Hartman telah mengirimkan permintaan tarik fiturnya ke Linux 5.19 untuk berbagai area kernel yang dia awasi. Dengan perubahan inti driver dengan kernel baru ini sekarang kemampuan untuk mengompresi file firmware menggunakan Zstd yang populer.
Selama bertahun-tahun telah ada tambalan yang diusulkan untuk menambahkan dukungan untuk kompresi Zstd ke penanganan firmware kernel Linux untuk menghemat ruang disk sambil menawarkan dekompresi cepat dan sebagai alternatif seperti kompresi XZ yang ada. Tambalan-tambalan itu tidak pernah berhasil melewati garis akhir sementara akhirnya dengan Linux 5.19 itu akan ada di tempatnya.
Seperti yang dilaporkan pada bulan April, firmware terkompresi Zstd akhirnya tersedia bagi mereka yang ingin menggunakan algoritma kompresi Zstandard yang dikembangkan oleh Facebook. Firmware terkompresi Zstd akan membantu menghemat jumlah ruang disk yang terukur sambil tetap menawarkan dekompresi cepat yang dilakukan secara dinamis oleh kernel. File firmware yang diakhiri dengan .zst akan didekompresi oleh pemuat firmware kernel Linux.
Perubahan inti driver penting lainnya dengan Linux 5.19 adalah ruang pengguna yang dapat memulai pembaruan firmware melalui sysfs. Ini adalah perubahan yang dipimpin Intel yang dimotivasi oleh kebutuhan untuk dengan mudah mengizinkan pembaruan firmware kartu FPGA PCIe mereka. Sampai saat ini pembaruan firmware dimulai hanya dengan ruang kernel sementara sekarang melalui antarmuka sysfs yang dapat disesuaikan ini memudahkan ruang pengguna untuk memulai pembaruan tersebut bila diperlukan.

A tambahan ketiga yang berguna dengan tarikan ini adalah kemampuan untuk melaporkan lokasi fisik perangkat pada sistem seperti port tertentu karena sangat membantu ketika memiliki beberapa perangkat yang sama yang terhubung ke sistem. Beberapa perangkat sudah mengekspos lokasi fisik melalui ACPI sementara lebih banyak bus diharapkan dapat mengekspos properti lokasi fisik bergerak maju.
Lihat pull request pagi ini untuk daftar lengkap perubahan inti driver untuk Linux 5.19.

Itulah berita seputar Firmware Terkompresi Zstd Dikirim Untuk Linux 5.19, Perubahan Inti Driver Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.