Fitur AMD SMBA+BMEC QoS Untuk EPYC “Genoa” Generasi ke-4 Diposisikan Untuk Linux 6.3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali ke Agustus lalu, teknisi AMD Linux mulai memposting tambalan kernel Linux untuk fitur Kualitas Layanan baru yang hadir dengan Zen 4. Setelah beberapa putaran peninjauan dan pembaruan tambalan tersebut, pekerjaan ini memungkinkan fitur AMD SMBA dan BMEC untuk EPYC Generasi ke-4 ” Prosesor Genoa” tampaknya diposisikan untuk diperkenalkan pada siklus kernel Linux 6.3.
Ini adalah tambalan kernel untuk mendapatkan fitur QoS Konfigurasi Bandwidth Memori Lambat dan Pemantauan Bandwidth yang didukung di Linux.

Slow Memory Bandwidth Allocation Enforcement memungkinkan kebijakan penerapan QoS diterapkan ke memori lambat eksternal yang terhubung ke host dan menentukan alokasi/batasan untuk kelas layanan untuk setiap sumber daya. BMEC memungkinkan penghitungan semua pembacaan/penulisan total dan lokal serta berbagai peristiwa seperti pembacaan ke memori di domain NUMA lokal atau non-lokal, korban kotor dari domain QoS, dan banyak lagi. Fungsionalitas SMBA khususnya harus berguna untuk memori CXL.
Bulan ini tambalan SMBA/BMEC mencapai iterasi v11 dan sepertinya semuanya sudah diperbaiki. Sampai kemarin tambalan AMD ini diantrikan ke cabang x86/cache tip.git.

Jadi kecuali ada masalah baru dengan kode yang dimunculkan, sekarang setelah mereka berhasil masuk ke area TIP x86, mereka akan dikirim untuk jendela penggabungan kernel Linux berikutnya. Siklus kernel Linux 6.3 akan dimulai dengan pembukaan jendela penggabungan pada pertengahan Februari sementara Linux 6.3 stable tidak akan ada di sini hingga sekitar akhir April.
Secara keseluruhan EPYC Generasi ke-4 AMD dalam kondisi sangat baik di Linux seperti yang ditunjukkan di banyak artikel benchmark Genoa di Phoronix (dan lebih banyak lagi di jalan!). Dukungan Linux pada hari peluncuran berada dalam kondisi yang baik tetapi beberapa item seperti fitur QoS ini dan IBRS Otomatis tidak dikuadratkan tepat waktu tetapi tampaknya untuk Linux 6.3 sekarang akan disetrika.

Itulah berita seputar Fitur AMD SMBA+BMEC QoS Untuk EPYC “Genoa” Generasi ke-4 Diposisikan Untuk Linux 6.3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.