Fitur Driver HSMP AMD Baru Disiapkan Menjelang Zen 4 EPYC

Digabungkan di Linux 5.18 adalah driver AMD HSMP untuk mengaktifkan penggunaan “Port Manajemen Sistem Host” di Linux sebagai antarmuka untuk mengaktifkan fungsionalitas manajemen sistem tambahan pada server AMD EPYC 7003. Untuk Linux 5.19 driver AMD HSMP ini diatur untuk diperpanjang dengan fitur tambahan yang datang dengan server AMD EPYC generasi berikutnya.
Driver AMD HSMP Linux bersama dengan prosesor AMD EPYC “Milan” generasi saat ini memungkinkan untuk membaca konsumsi daya soket rata-rata saat ini, mengatur batas daya soket, mendapatkan/mengatur batas frekuensi maksimum, lebar min/maks untuk tautan xGMI, membaca memori jam, membaca rata-rata residensi C0, dan fungsi serupa lainnya.
Patch dari AMD yang sekarang sedang ditinjau untuk driver amd_hsmp dalam area x86-platform-drivers memungkinkan dukungan protokol HSMP versi 5. Protokol HSMP AMD versi 5 hadir dengan prosesor AMD Family 19h Model 10h EPYC, diharapkan menjadi seri Zen 4 / EPYC 7004 berdasarkan semua patch seri 10h yang telah kita lihat dalam beberapa bulan terakhir.
Ditambahkan dengan versi protokol baru ini adalah dukungan untuk statistik DIMM seperti konsumsi daya dan suhu per-DIMM, bandwidth untuk tautan I/O dan xGMI, pengaturan mode efisiensi daya, dan fitur baru lainnya.

Tambalan AMD HSMP protocol v5 dapat ditemukan di sini karena sedang ditinjau dan mengingat waktunya pada akhirnya akan menemukan jalannya ke kernel Linux 5.19.

Itulah berita seputar Fitur Driver HSMP AMD Baru Disiapkan Menjelang Zen 4 EPYC, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.