FreeBSD 13.1 Dirilis Dengan Peningkatan Boot UEFI, Peningkatan Driver

Setelah mengambil beberapa minggu ekstra untuk memanggang, FreeBSD 13.1 keluar hari ini sebagai rilis stabil terbaru dari sistem operasi BSD terkemuka ini.
FreeBSD 13.1 dipimpin oleh peningkatan boot UEFI untuk AMD64 dan khususnya bisa mendapatkan lebih banyak sistem yang sekarang berperilaku baik untuk melewati booting BIOS lama. FreeBSD 13.1 juga menambahkan dukungan untuk pembaruan freebsd untuk semua membuat snapshot otomatis dari lingkungan boot untuk mencoba membuat pembaruan sistem operasi sangat mudah. Ada juga berbagai macam peningkatan driver perangkat keras di FreeBSD 13.1 dengan perhatian khusus pada driver Intel WiFi yang jauh lebih baik daripada rilis sebelumnya.

Beberapa perubahan lain dengan FreeBSD 13.1 termasuk mengaktifkan dukungan Position Independent Executable (PIE) secara default pada arsitektur 64-bit, skrip layanan “zfskeys” baru untuk dekripsi otomatis kumpulan data ZFS, emulasi NVMe dengan hypervisor Bhyve, chroot sekarang mendukung unprivileged operasi, berbagai peningkatan POWER dan RISC-V, peningkatan dukungan big endian, dukungan untuk papan pengembangan RISC-V HiFive Unmatched, pembaruan terhadap dukungan sistem file OpenZFS di hulu, dan banyak perubahan lain di seluruh ekosistem sumber terbuka BSD ini.
Unduhan dan log perubahan lengkap untuk FreeBSD 13.1 melalui FreeBSD.org.

Itulah berita seputar FreeBSD 13.1 Dirilis Dengan Peningkatan Boot UEFI, Peningkatan Driver, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.