FSF Updates By-Laws – Proses Persetujuan Lebih Ketat Untuk Lisensi Baru/Diperbarui

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dewan Direksi Free Software Foundation (FSF) telah mengadopsi undang-undang terbaru yang berlaku bulan depan dengan tujuan untuk lebih melindungi lisensi copyleft.
Yang paling signifikan dengan peraturan yang diperbarui adalah memperketat proses persetujuan untuk penyusunan dan penerbitan izin baru/yang diperbarui: sekarang diperlukan suara super-mayoritas (66%) yang setuju.

Perubahan utama seperti yang dirangkum oleh dewan FSF meliputi:
– Secara formal menetapkan bahwa dewan akan menyertakan anggota staf sebagai anggota dengan hak suara penuh dan direktur yang telah dipilih untuk menjabat oleh staf FSF yang berserikat. Ini mengkodifikasi praktik dewan yang telah ada sejak Maret 2021, dan diselenggarakan oleh sysadmin senior FSF Ian Kelling; dan
– Membutuhkan suara mayoritas (66%) dari direktur untuk menyetujui penyusunan atau publikasi lisensi hak cipta baru atau versi baru dari lisensi hak cipta yang ada. Ketentuan ini berlaku untuk semua lisensi FSF, termasuk semua lisensi hak cipta GNU. Detail lebih lanjut tentang undang-undang Yayasan Perangkat Lunak Bebas yang diperbarui melalui FSF.org.
Hal ini mengikuti sejumlah perubahan dewan FSF dalam beberapa tahun terakhir seperti mengadopsi Kode Etik untuk anggota dewan.

Itulah berita seputar FSF Updates By-Laws – Proses Persetujuan Lebih Ketat Untuk Lisensi Baru/Diperbarui, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.