Gambar Resmi RISC-V Ubuntu Dirilis Untuk StarFives VisionFive Board

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal musim panas ini saya menulis tentang kerja Canonical untuk memberikan dukungan yang baik untuk papan RISC-V berbiaya rendah VisionFive dari StarFive. Pekerjaan itu sekarang telah mencapai puncaknya dengan gambar Ubuntu 22.04.1 LTS untuk digunakan pada komputer papan tunggal RISC-V Cina ini.
Insinyur Canonical menghabiskan beberapa bulan terakhir untuk mem-back-port berbagai patch dan memastikan bahwa Ubuntu 22.04 LTS dapat berjalan dengan baik pada board RISC-V ini. StarFive VisionFive saat ini adalah papan RISC-V $179 USD yang dimaksudkan untuk menjalankan distribusi Linux RISC-V yang lengkap. Papan ini didukung oleh dual-core SiFive U74 RV64 SoC @ 1.0GHz, ada memori sistem 8GB, mesin akselerator pembelajaran mendalam NVDLA, Tensilica-VP6 Vision DSP, dan mesin jaringan saraf. Papan ini juga memiliki WiFi 802.11n, Bluetooth 4.2, output HDMI, empat port USB 3.0, Gigabit Ethernet, dan ditenagai melalui USB-C atau dari header GPIO 40-pin.
StarFive VisionFive SBC

Canonical hari ini secara resmi mengumumkan ketersediaan Ubuntu 22.04.1 LTS untuk papan VisionFive RISC-V. VisionFive didukung untuk 64-bit RISC-V Ubuntu bersama SiFive`s Unmatched dan Allwinner Nezha.
Sementara itu StarFive sudah menggoda bahwa VisionFive 2 RISC-V SBC akan segera keluar sebagai penggantinya.

Itulah berita seputar Gambar Resmi RISC-V Ubuntu Dirilis Untuk StarFives VisionFive Board, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.