GCC vs. Dentang di Apple M1 Di Bawah Asahi Linux Berbasis Arch

Dengan Asahi Linux berbasis Arch Linux yang berjalan dengan baik di Apple M1 (selain dari grafis yang dipercepat dan berbagai fitur lain yang belum diimplementasikan), salah satu area yang membuat saya penasaran adalah seberapa baik LLVM Clang dan GCC C/C++ compiler bersaing saat berjalan di Apple M1 dengan Linux. Dalam artikel ini adalah beberapa tolok ukur cepat yang melihat bagaimana kompiler stok di Asahi saat ini dibandingkan dengan SoC.

berbasis Arm AppleMenggunakan Mac Mini 2020 dengan Apple M1 menjalankan Asahi Linux dengan semua paket Arch Linux pada saat itu, saya menjalankan beberapa selusin tolok ukur yang berbeda melihat bagaimana berbagai beban kerja C/C++ open-source dibandingkan saat dibangun di bawah setiap kompiler. GCC 11.2 dan LLVM Clang 13.0.1 adalah compiler paket saat ini yang tersedia di Asahi Linux / Arch dan digunakan untuk putaran pengujian ini dan CFLAGS/CXXFLAGS yang sama di seluruh pengujian — satu-satunya perubahan yang dibuat selama pengujian adalah mengganti compiler yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang sedang diuji.

Untuk sebagian besar tolok ukur, kinerja LLVM Dentang vs. GCC cukup dekat, seperti yang telah kita lihat selama bertahun-tahun di berbagai komputer papan tunggal AArch64 dan platform server. Di Apple M1 kinerjanya mendekati dan GCC dalam performa yang baik. Tetapi untuk beberapa beban kerja ada perbedaan yang signifikan antara compiler:

Library inferensi jaringan saraf NCNN dari Tencent berkinerja jauh lebih baik ketika dibangun di bawah compiler GCC. Di semua tolok ukur jaringan saraf NCNN yang berbeda, biner bawaan GCC 11.2 memimpin di Apple M1. Sementara itu kompilator LLVM Clang 13.0.1 berkinerja terbaik di beberapa benchmark sintetis Stress-NG, secara konsisten menawarkan kinerja yang lebih baik untuk perangkat lunak pemrosesan sinyal digital Liquid-DSP, dan kemudian untuk banyak tes lainnya adalah campuran antara dua kompiler dan biasanya cukup kecil.

Total 72 benchmark C/C++ open-source yang berbeda dibuat dan di-benchmark di bawah setiap compiler. GCC 11.2 dalam pengujian kompiler Asahi Linux awal ini melihat GCC 11.2 memimpin sekitar 58% dari waktu.

Jika mengambil rata-rata geometris dari semua 72 tolok ukur, GCC 11.2 memimpin sekitar 13% atas Clang.

Itulah kesimpulan cepat sementara semua individu hasil benchmark dapat ditemukan di halaman hasil OpenBenchmarking.org ini. Saat dukungan Linux pada Apple M1 matang, saya akan kembali dengan lebih banyak benchmark compiler terutama dengan Clang 14.0 yang baru saja memulai debutnya (meskipun belum di Asahi/Arch pada pengujian) dan GCC 12.1 juga keluar dalam beberapa minggu juga seperti melihat perbedaan kinerja di berbagai konfigurasi CFLAGS/CXXFLAGS dan banyak lagi.

Itulah berita seputar GCC vs. Dentang di Apple M1 Di Bawah Asahi Linux Berbasis Arch, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.