GeckoLinux ROLLING Sekarang Dikirim dengan Linux 5.16, Konfigurasi PipeWire yang Ditingkatkan


Kurang dari dua minggu setelah pembaruan sebelumnya, edisi GeckoLinux ROLLING telah diperbarui untuk menyertakan kernel Linux 5.16 terbaru dan terbaik, serta berbagai pembaruan dan peningkatan lainnya.

GeckoLinux ROLLING berasal dari repositori openSUSE Tumbleweed dan Packman, yang berarti bahwa if mengikuti model rilis bergulir di mana Anda menginstal sekali dan menerima pembaruan selamanya. Namun, dari waktu ke waktu, pengembang distribusi ini menghasilkan gambar instalasi baru untuk kompatibilitas perangkat keras yang lebih baik.

Dengan demikian, pembaruan GeckoLinux ROLLING yang baru hadir untuk lebih meningkatkan penginstal grafis Calamares agar tidak lagi membuat subvolume Btrfs untuk direktori /tmp . Jika Anda memiliki instalasi GeckoLinux ROLLING menggunakan gambar yang dirilis pada 6 Januari, Anda harus memperbarui file /etc/fstab Anda dan menambahkan # ke awal baris /tmp btrfs subvol=/tmp.

Pembaruan GeckoLinux ROLLING yang baru juga meningkatkan konfigurasi PipeWire latensi rendah khusus untuk membuat sistem kompatibilitas PulseAudio secara otomatis mengalihkan aliran input dan output ke perangkat audio USB saat terhubung. Pengguna yang ada harus menambahkan file konfigurasi ini ke direktori /etc/pipewire/ mereka. Juga, PipeWire telah diperbarui ke versi 0.3.43.

Selain itu, edisi Budgie telah diperbarui untuk terus menggunakan Nemo untuk mengontrol desktop dan menampilkan ikon desktop, edisi KDE Plasma menerima lingkungan desktop KDE Plasma 5.23.5 terbaru, bersama dengan rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks 5.90 dan KDE Gear 21.12.1, edisi GNOME menerima lingkungan desktop GNOME 41.3, dan edisi Cinnamon menerima lingkungan desktop Cinnamon 5.2.7.

Terakhir, semua edisi GeckoLinux ROLLING sekarang didukung oleh Linux 5.16 sebagai kernel default untuk dukungan perangkat keras terbaik. Juga disertakan secara default dalam pembaruan ini adalah paket xhost untuk membuat editor partisi Gparted memuat dengan benar di lingkungan langsung.

Jika Anda ingin mencoba GeckoLinux di komputer pribadi Anda, Anda dapat mengunduh rilis GeckoLinux ROLLING 999.220115 sekarang juga dari rilis resminya situs web sebagai KDE Plasma, GNOME, Xfce, LXQt, Budgie, Cinnamon, MATE, Pantheon, dan edisi Barebones.

Sumber: Google, 9to5linux.com