Gentoo Linux Kembali Memutar DVD LiveGUI/USB ISO Mingguan

  • Post author:
  • Post category:Linux

Untuk melengkapi gambar instalasi minimal dan berbagai arsip panggung yang dihasilkan, proyek Gentoo telah memulai kembali proses untuk juga mulai memproduksi gambar DVD/USB LiveGUI sebagai pertemuan pertama yang lebih ramah dengan distribusi Linux ini.

Setelah istirahat panjang, para developer Gentoo kembali memutar image ISO mingguan Gentoo yang dapat boot ke GUI dan bekerja di luar media DVD/USB.

Pada saat ini, restart Gentoo LiveGUI spin agak kasar dan ketika mencobanya sendiri, terjadi kesalahan X11 saat boot bahkan dengan grafis Radeon. Gambar saat ini menggunakan kernel Linux 5.15, OpenRC seperti biasa untuk Gentoo, dan ciri-ciri Gentoo biasa lainnya.

Rencananya adalah Gentoo LiveGUI ISO untuk boot langsung ke desktop KDE Plasma dan dikirimkan langsung dengan perangkat lunak desktop Linux yang umum. Beberapa perangkat lunak yang akan disertakan adalah LibreOffice, Firefox dan Chromium, editor IRC, editor teks ganda, Inkscape, GIMP, Kdenlive, dan paket populer lainnya.

Saat ini Gentoo LiveGUI baru baru saja diluncurkan, Gentoo menghosting konten karya seni dengan harapan desainer open-source membantu menghasilkan tema untuk putaran desktop langsung mereka. Mereka berharap komunitas open-source dapat membantu dengan karya seni bertema Gentoo dan materi branding seputar Gentoo LiveGUI sehingga akan menjadi “media live Linux paling keren yang pernah ada” sebagai salah satu tujuan mereka.

Itulah berita seputar Gentoo Linux Kembali Memutar DVD LiveGUI/USB ISO Mingguan, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.