Glibc 2.36 Menjatuhkan DT_HASH Telah Melanggar Game Anti Cheat Mudah Dengan Steam Play

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mereka yang menggunakan distribusi Linux rilis bergulir yang cepat beradaptasi dengan pembaruan toolchain baru menemukan bahwa game yang mengaktifkan Easy Anti Cheat (EAC) rusak saat dijalankan pada Glibc 2.36 yang baru dirilis. Kerusakan berasal dari bagian DT_HASH yang dijatuhkan di GNU C Library tetapi EAC menjadi salah satu dari sedikit perangkat lunak yang masih mengharapkan bagian itu daripada DT_GNU_HASH.
Glibc 2.36 membawa banyak perubahan dengan dirilisnya pada awal Agustus. Sayangnya, pengaturan tanpa syarat “–hash-style=both” untuk memastikan bagian DT_HASH dan GNU_DT_HASH ada di objek bersama Perpustakaan GNU C akhirnya merusak Easy Anti Cheat dan perangkat lunak pilihan lainnya. Setelah pengguna Arch Linux dan lainnya mulai pindah ke Glibc 2.36, masalah dengan cepat diketahui oleh para gamer Linux dengan Steam Play dan judul-judul yang sejauh ini menggunakan perlindungan anti-cheat dari Epic Games.
DT_GNU_HASH lebih terstruktur daripada DT_HASH meskipun DT_HASH untuk tabel hash objek ELF untuk resolusi simbol run-time. DT_GNU_HASH telah ada selama satu setengah dekade dan dapat menghasilkan waktu penautan dan pemuatan yang jauh lebih cepat. Sebagian besar distribusi Linux dan perangkat lunak sumber terbuka telah dengan senang hati menggunakan DT_GNU_HASH selama bertahun-tahun.
Masalah Proton sejak awal bulan ini telah melacak bagaimana Glibc 2.36 merusak game yang dibutuhkan EAC di Linux.

Dengan Glibc 2.36, DT_HASH tidak lagi disetel sejak mereka menjatuhkan “–hash-style=both” karena DT_GNU_HASH lebih unggul, sebagian besar sistem seharusnya hanya menggunakan itu, dan menghilangkan bagian DT_HASH menghemat sekitar 1% atau 16kB ruang untuk objek bersama Glibc. Namun ternyata Epic Games masih mengandalkan DT_HASH dan modul anti-cheat ini akan gagal memuat game yang dilindungi dengan Glibc 2.36.
Ini bukan hanya masalah EAC tetapi beberapa perangkat lunak lain seperti libstrangle juga sekarang rusak di Glibc 2.36 karena perubahan ini. Ada laporan bug Glibc hulu atas masalah ini tetapi belum ada tindakan tegas dengan pengembang hulu ragu-ragu untuk mengembalikan perubahan.
Masalah selama satu setengah minggu terakhir telah dibahas secara menyeluruh dalam pelacak masalah Proton Valve. Bagi mereka yang menggunakan Arch Linux di mana masalah pertama kali dilaporkan karena pembaruan rilis bergulirnya, glibc 2.36-2 saat ini sedang dalam pengujian bahwa dengan paket distribusi itu mengembalikan perubahan gaya hash sebelumnya di GNU Glibc sehingga kedua gaya sekarang dibuat. Gamer Linux telah menguji pembaruan paket Arch Linux yang akan datang dan mengonfirmasi bahwa game yang mendukung EAC berfungsi dengan benar.
Sekarang kita akan melihat apa yang terjadi dengan pengembang Perpustakaan GNU C hulu di sekitar ini atau jika mereka akan menunggu dan memasukkan bola ke lapangan Epic Games untuk beralih dari bergantung pada DT_HASH ke DT_GNU_HASH yang telah banyak digunakan pada sistem Linux untuk lebih dari satu dekade.

Itulah berita seputar Glibc 2.36 Menjatuhkan DT_HASH Telah Melanggar Game Anti Cheat Mudah Dengan Steam Play, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.