GNOME 40.5 Resmi Dirilis, Mengoptimalkan Rendering Zoom Layar Penuh dan Memperbaiki Lebih Banyak Bug

  • Post author:
  • Post category:Linux


Michael Catanzaro hari ini mengumumkan rilis resmi dan ketersediaan umum GNOME 40.5 sebagai pembaruan pemeliharaan kelima dalam seri lingkungan desktop GNOME 40.

GNOME 40.5 datang dua setengah bulan setelah GNOME 40.4 dan awalnya dijadwalkan pada 22 September 2021. rilis perbaikan bug yang stabil untuk GNOME 40 dan direkomendasikan untuk semua distribusi yang mengirimkan lingkungan desktop di repositori perangkat lunak.

GNOME 40.5 adalah rilis poin kecil dibandingkan dengan pembaruan sebelumnya, dan ada di sini untuk mengoptimalkan rendering zoom layar penuh di GNOME Shell, perbaiki memantau pemindaian screencast dan dukungan emulasi klik tengah pada X11 di Mutter, serta menambahkan dukungan pemindaian dupleks untuk Canon DR-C240 di Simple Scan, yang juga menerima dukungan lebih baik untuk pemindai Brother.

Shell GNOME telah ditingkatkan dalam rilis ini menjadi perbaiki animasi peluncuran glitchy yang terjadi saat meninggalkan Ikhtisar Aktivitas, posisi pemisah yang salah di dasbor, m essed up area kerja dari panel tersembunyi, posisi popover kandidat IM, serta masalah dengan keyboard di layar yang tidak menekan tombol pada X11.

Selain itu, rilis ini menyertakan versi baru pemutar video Totem (3.38.2 ) yang menampilkan dukungan untuk subtitle MPL. Tentu saja, berbagai komponen lain dari lingkungan desktop GNOME telah diperbarui dengan perbaikan bug yang lebih kecil dan terjemahan yang diperbarui.

Anda dapat mempelajari log perubahan lengkap di sini dan Anda dapat mengompilasi GNOME 40.5 menggunakan snapshot resmi proyek BuildStream dari sini atau paket sumber. Sebagian besar pengguna disarankan untuk memperbarui distribusi mereka melalui repositori perangkat lunak yang stabil dari distribusi GNU/Linux mereka.

Rilis poin berikutnya dalam seri lingkungan desktop GNOME 40 adalah GNOME 40.6, yang awalnya direncanakan untuk dirilis pada 30 Oktober 2021. Semoga, dengan sedikit keberuntungan, itu akan dirilis secara resmi pada akhir bulan juga.

Sumber: Google, 9to5linux.com