GNOME 42.1 Keluar dengan Banyak Peningkatan pada Perangkat Lunak, Nautilus, dan Pusat Kontrol


Proyek GNOME hari ini mengumumkan rilis GNOME 42.1 sebagai rilis titik pertama ke seri lingkungan desktop GNOME 42 terbaru untuk memperbaiki bug dan menambahkan berbagai peningkatan.

GNOME 42.1 hadir sekitar lima minggu setelah rilis lingkungan desktop GNOME 42 dan membawa banyak peningkatan pada manajer paket grafis Perangkat Lunak GNOME, termasuk penanganan yang lebih baik dari repositori Flathub dan aplikasi Flatpak, dukungan yang lebih baik dari bahasa RTL (Kanan-ke-Kiri), berbagai perbaikan UI, serta perbaikan untuk bug yang mencegah pengguna Fedora Linux dari menonaktifkan beberapa repositories.

Pengelola file Nautilus (File) telah diperbarui juga dalam rilis poin pertama ini dengan dukungan untuk syle HighContrast, kemampuan untuk memuat info file eksternal yang diseret di tampilan Daftar, kemampuan untuk mengganti wallpaper mode gelap saat tidak menggunakan portal, peningkatan popover dalam dialog Kompres di bawah X11, dan dukungan bahasa RTL yang lebih baik.

GNOME 42.1 juga meningkatkan Pusat Kontrol GNOME aplikasi, yang menerima perbaikan untuk label monitor dan berbagai peningkatan perilaku kecil di panel Tampilan, peningkatan penanganan koneksi VPN di panel Jaringan, peningkatan perilaku aplikasi pembantu di X11 di panel Akun Online, serta berbagai perubahan kecil lainnya pada Akun Pengguna dan panel Wacom.

Selain itu, aplikasi Kalender GNOME menerima peningkatan pada widget pemilih tanggal, aplikasi Koneksi GNOME baru sekarang memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran dan memaksimalkan tampilan tampilan dan menangani beberapa koneksi simultan dengan lebih baik, dan aplikasi Musik GNOME sekarang memiliki fungsi acak yang berfungsi, penanganan seni yang ditingkatkan pada pengguliran, dan dukungan yang lebih baik untuk bahasa RTL.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, GNOME 42.1 dikirimkan dengan versi baru aplikasi Editor Teks GNOME yang menerima peningkatan pada gaya dialog preferensi, judul di Dialog “simpan-perubahan”, dan ikon untuk kontrol zoom.

Juga sebagai bagian dari rilis poin GNOME 42 pertama ini, ada GNOME Logs 42.0, a maj atau pembaruan yang memperkenalkan preferensi pengguna mode gelap opsional, sudut jendela membulat, kemampuan untuk membuka file jurnal secara langsung, beberapa pintasan keyboard ke hamparan Bantuan, dan peningkatan ukuran jendela.

Tentu saja, banyak komponen inti lainnya menerima perubahan yang lebih kecil, perbaikan bug, dll. ., jadi pastikan Anda memeriksa changelog lengkap untuk detail lebih lanjut. Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop GNOME 42 pada distribusi GNU/Linux Anda, perhatikan repositori stabil untuk paket 42.1 dan perbarui instalasi Anda. seri lingkungan desktop GNOME 41, yang masih digunakan oleh banyak distribusi di luar sana, seperti Ubuntu 21.10. GNOME 41.6 hanya membawa beberapa perbaikan bug, tetapi Anda tetap harus memperbarui instalasi Anda ketika versi paket baru tiba di repositori stabil.

Sumber: Google, 9to5linux.com