GNOME 43 Hadirkan Dukungan untuk Aplikasi Web dalam Perangkat Lunak, Panel Info Keamanan Perangkat Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux


Work pada rilis besar berikutnya dari lingkungan desktop GNOME populer, GNOME 43, sedang berlangsung dan kami semakin dekat dengan rilis pengembangan alfa pertama dengan banyak fitur baru seperti dukungan untuk aplikasi web di Perangkat Lunak, panel info keamanan perangkat baru di Pengaturan, dan dukungan untuk WebExtensions di Web.

Dengan semua rilis baru, GNOME 43 akan menghadirkan lebih banyak fitur baru untuk penggemar lingkungan desktop yang ditulis GTK. Tim pengembangan bekerja keras hari ini untuk merilis versi alfa untuk pengujian publik menjelang konferensi GUADEC 2022, yang akan berlangsung antara 20-25 Juli di Guadalajara, Meksiko, sebagai acara GNOME tatap muka pertama dalam dua tahun terakhir .

Kami masih dua setengah bulan lagi dari rilis final GNOME 43, tetapi saya ingin berbagi beberapa fitur baru yang menarik yang akan Anda nikmati musim gugur ini, serta beberapa peningkatan yang diterapkan sejauh ini.

Pertama-tama, Perangkat Lunak GNOME 43 mendapatkan dukungan untuk Aplikasi Web, dengan fokus pada PWA (Aplikasi Web Progresif). Dengan ini, pengembang GNOME ingin Anda menikmati lebih banyak aplikasi di distro Linux Anda.

Selain mendukung Aplikasi Web, Perangkat Lunak GNOME 43 juga menghadirkan dukungan yang ditingkatkan untuk aplikasi Flatpak karena pengelola paket grafis dan toko aplikasi sekarang mampu menampilkan sistem file izin yang diminta oleh Flatpak apps.

Selain itu, Perangkat Lunak GNOME 43 menampilkan gerakan sentuh baru untuk menggeser kembali ke dalam shell, bagian “Aplikasi Lain oleh Penulis” baru di halaman detail aplikasi, bagian “Tersedia untuk Distro” baru di halaman ikhtisar, peningkatan caching dari metadata dan pemberitahuan yang diunduh, dan navigasi mouse dari tangkapan layar aplikasi.

Kedua, Pengaturan GNOME (alias Pusat Kontrol GNOME) 43 mendapatkan bagian Keamanan Perangkat baru di pengaturan Privasi yang akan menampilkan status keamanan perangkat keras Anda yang dihasilkan oleh proyek Fwupd dan perubahan konfigurasi perangkat keras, seperti tingkat keamanan HSI dan status Boot Aman. Pengguna akan dapat memilih antara tiga tingkat keamanan yang telah dikonfigurasi sebelumnya untuk perangkat keras mereka seperti perlindungan minimum, dasar, atau diperpanjang.

Terakhir, sepertinya GNOME 43 akan membawa dukungan awal untuk WebExtensions ke browser web GNOME Web (Epiphany), akhirnya memungkinkan Anda untuk memperluas kemampuan peramban web bawaan GNOME dengan pengaya pihak ketiga dari peramban web populer lainnya, seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Detail lebih lanjut tersedia di sini.

Tentu saja, akan ada lebih banyak lagi fitur baru yang keren untuk dinikmati musim gugur ini di lingkungan desktop GNOME 43, jadi awasi tempat ini karena saya akan terus memberi Anda informasi terbaru segera setelah lebih banyak informasi terungkap hingga rilis final pada 21 September 2022.

Sumber: Google, 9to5linux.com