GNOME Bergumam Bergerak Mendekati Opsi Pembuatan Hanya Wayland Murni

  • Post author:
  • Post category:Linux

Penggabung Mutter GNOME telah melalui beberapa restrukturisasi kode dan persiapan untuk dapat membangunnya tanpa ketergantungan X11 sama sekali, bagi mereka yang menginginkan pengalaman desktop GNOME bebas warisan/bebas X11 yang juga akan melepaskan dukungan XWayland.
Kontributor GNOME Bilal Elmoussaoui minggu lalu melihat MR ini mendarat di Mutter yang sedang dikerjakan bulan lalu. Ini bergerak di sekitar sumber dan dependensi X11 dalam upaya untuk dapat membangun Mutter tanpa dependensi X11 di masa mendatang.
Penggabungan itu juga menambahkan opsi konfigurasi X11/XWayland baru untuk build Meson dari Mutter dan mampu menonaktifkan XWayland atau implementasi back-end X11.
Selain itu, Bilal Elmoussaoui telah mengerjakan cabang Mutter “tanpa-xwayland” untuk dukungan Murni-Wayland Mutter agar tidak membuat kode X11 sama sekali jika diinginkan.

Diberikan, untuk masa mendatang sebagian besar pengguna desktop Linux, terutama penggemar dan gamer, akan tetap menginginkan dukungan X11 setidaknya untuk dukungan XWayland untuk terus menjalankan game dan perangkat lunak khusus X11 lainnya di desktop Linux. Tetapi bagi mereka yang ingin menghapus cruft warisan seperti pada platform Linux perusahaan di mana tidak perlu terlalu khawatir tentang game dan lebih sedikit tentang aplikasi GUI, dukungan build “Wayland murni” ini untuk menghindari semua dependensi X11 mungkin menarik — terutama mengingat orang miskin yang dikenal keadaan basis kode X.Org dalam hal keamanan dan para peneliti mengatakan itu bahkan lebih buruk daripada yang terlihat.
Kita akan melihat apakah Mutter tanpa dukungan build opsional XWayland/X11 ini semuanya selesai pada waktunya untuk rilis GNOME 43 pada bulan September.
Sesi desktop Linux Anda menggunakan…

— Phoronix (@phoronix) 31 Mei 2022

Itulah berita seputar GNOME Bergumam Bergerak Mendekati Opsi Pembuatan Hanya Wayland Murni, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.